Breaking News:

Kabar DPRD Tanah Laut

Tiga Raperda Disahkan DPRD Kabupaten Tala, Tiga Raperda Lainnya Sedang Berproses

Ketiga raperda yang telah disahkan DPRD Kabupaten Tala menjadi perda, yakni Perda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Penulis: Idda Royani | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ROY
Ketua Tanah Laut (Tala), Muslimin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Meski di tengah berkepanjangannya pandemi corona virus diseases (Covid-19) , namun DPRD Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan, tetap aktif bekerja.

Di antaranya, terkait fungsi legislasi. Pembahasan sejumlah rancangan peraturan daerah (raperda) hingga sekarang juga terus berlanjut.

Pasalnya, lumayan banyak raperda yang telah terjadwalkan untuk dibahas.

Ketua DPRD Tala, Muslimin SE, mengatakan, sepanjang tahun ini (2021) lumayan banyak raperda yang mesti dituntaskan. Jumlahnya mencapai belasan dan seluruhnya akan dituntaskan.

"Sekarang sudah ada tiga raperda yang sudah disahkan menjadi perda. Kemudian, ada tiga raperda yang sedang berproses, sedang ditangani oleh panitia khusus (pansus). Insha Allah juga bakal segera rampung," jelasnya, Minggu (15/8/2021).

Suasana pengesahan tiga raperda di DPRD Kabupaten Tanah Laut (Tala) pada rapat paripurna, Senin (21/6/2021).
Suasana pengesahan tiga raperda di DPRD Kabupaten Tanah Laut (Tala) pada rapat paripurna. (BANJARMASINPOST.CO.ID/ROY)

Ketiga raperda yang telah disahkan menjadi perda tersebut, yakni Perda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Lalu, Perda Pembentukan Dana Cadangan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Satu lagi, yaitu Perda Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Laut Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pemilihan Kepala Desa.

Sedangkan tiga raperda yang sedang berproses pembahasannya, yakni Raperda Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Kemudian, Raperda Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Tanah Laut kepada PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan.

Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta, dan Ketua DPRD, Muslimin, beserta wakil Ketua, memperlihatkan dokumen pengesahan raperda menjadi perda.
Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta, dan Ketua DPRD, Muslimin, beserta wakil Ketua, memperlihatkan dokumen pengesahan raperda menjadi perda. (BANJARMASINPOST.CO.ID/ROY)

Lalu, Raperda Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Laut Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. 

Muslimin mengatakan, selain itu juga masih bakal ada lima raperda lainnya yang bakal segera disampaikan eksekutif ke lembaga yang dipimpinnya. 

Pihaknya juga membuat raperda inisiatif yang akan segera disampaikan melalui rapat paripurna. Jumlahnya ada tiga raperda.

Ketiga raperda inisiatif tersebut, yakni Raperda Desa Wisata, Raperda Bantuan Hukum Masyarakat Miskin, dan Raperda Penyelenggaraan Pelayanan Kesejahteraan Sosial.

Muslimin mengatakan saat ini ketiga raperda inisiatif tersebut masih dalam tahap harmonisasi internal lembaganya. Selanjutnya nanti tinggal menetapkan waktu untuk disampaikan pada rapat paripurna. (AOL/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved