Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

VIDEO Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA Minta Pelaku Pungli Ekspor Supaya Dihajar

Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA minta tidak ada pungli dalam kegiatan ekspor dan kalau ada minta Kapolda supaya menghajar supaya daerah jadi lebih maju

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali melakukan ekspor komoditas pertanian bernilai Rp 868,82 milliar, melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Sabtu (14/8/2021).

Kepala Karantina Pertanian Banjarmasin, Nur Hartanto, menyebutkan komoditas yang diekspor adalah Karet Lempengan, Daun Gelinggang, RBD Palm Olein, CPO, Palm, Kernel Expeller dan Kayu Olahan (Plywood).

Komoditas pertanian yang dilalulintaskan melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin terdiri dari 6 ragam dengan total volume lebih dari 60 ribu ton dan 1.922 meter kubik menuju ke 9 negara tujuan ekspor.

"Negara-negara tersbut, yaitu India, China, Rusia, Vietnam, Korea Selatan, Brazil, Thailand, Philipina dan Amerika,"  sebutnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA, mengingatkan kolaborasi antara petani, eksportir dan pabrik, sangat diperlukan. Pemerintah juga harus menfasilitasi agar kegiatan ekspor bisa dijalankan semudah mungkin.

Baca juga: Ekspor Meningkat, Neraca Perdagangan Kalsel Surplus USD 640 Juta

Baca juga: Kalsel Expo Dibatalkan karena Pandemi, Promo Produk Secara Digital Dimaksimalkan

Tenaga teknis, pinta Pj Gubernur, hendaknya membuat sentra laporan terkait kesulitan yang dialami agar dapat difasilitasi.

"Kami mendapatkan laporan, katanya masih kesulitan peti kemas yang susah didapat. Tolong dibantu, Pelindo, Pelayaran, maskapai dan KSOP, Disperindag bantu fasilitasi, jangan sampai ada kemampuan ekspor, tapi terhambat fasilitas kurang," jelasnya.

Kontainer, jelasnya, harus dipermudah untuk didapatkan. Selain itu, biayanya murah.

"Saya minta tidak boleh ada hambatan administrasi, tidak ada lagi pungli-punglian. Kalau ada pungli, Pak Kapolda saya minta tolong hajar saja. Dengan itu, Kalsel akan lebih maju di tahun mendatang," tegasnya.

Menurut Pj Gubernur, salah satu indikator keberhasilan pembangunan pertanian adalah dengan meningkatnya nilai ekspor komoditas pertanian.

Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, saat pelepasan komoditas ekspor di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Sabtu (14/8/2021).
Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, saat pelepasan komoditas ekspor di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Sabtu (14/8/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/MILNA SARI)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved