Breaking News:

HUT ke 76 Kemerdekaan RI

Petugas Gabungan Penanganan Covid-19 Lakukan Penghormatan Bendera di Lokasi Pemakaman

Di tengah melaksanakan tugas lengkap menggunakan APD, petugas covid-19 Unit KBR Sat Brimob Polda Kalimantan Selatan bersama BPBD, TNI tidak melupaka

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis
Petugas Gabungan KBR Brimob Polda Kalsel,BPBD, TNI berikan penghormatan pada Sang Saka Merah Putih di Lokasi Pemakaman Umum Pemko Banjarbaru, Sungai Tiung, Cempaka, Banjarbaru, Kalsel 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Di tengah melaksanakan tugas lengkap menggunakan APD, petugas covid-19 Unit KBR Sat Brimob Polda Kalimantan Selatan bersama BPBD, TNI tidak melupakan detik-detik proklamasi dan penghormatan Sang Saka Merah Putih.

Penghormatan bendara itu dipimpin Danden Gegana Brimob Polda Kalsel, Kompol I Nyoman Suardika, S.Sos di lokasi Taman Pemakaman Umum Pemerintah Kota Banjarbaru, Sungai Tiung, Cempaka, Banjarbaru, Kalimantan Selatan , Selasa (17/8/2021).

Meski diguyur hujan nampak tidak sedikitpun menggentarkan tugas kemanusiaan petugas penanganan pemulasaran jenazah untuk memakamkan pasien yang terkonfirmasi positif covid-19.

Dansat Gegana Polda Kalsel, Kombes Pol Ronny Suseno, S.I.K, M.H melalui Danden Gegana Brimob Polda Kalsel, Kompol I Nyoman Suardika, S.Sos mengatakan, hari ini di momen kemerdekaan KBR Brimob Polda Kalsel, BPBD, TNI telah melaksanakan pemakaman satu warga yang meninggal dunia akibat covid-19.

Baca juga: Pemko Banjarmasin Gelar Upacara HUT RI ke-76, Amanat dan Pembacaan Teks Pancasila Ditiadakan

Baca juga: Lanal Banjarmasin dan Polairud Polda Kalsel Gelar Konvoi Perahu Merah Putih

Baca juga: Peringatan HUT ke-76 RI, Lembaga Pendidikan Islam Sabilal Muhtadin Gelar Upacara Terbatas

Diakuinya, momen kemerdekaan yang jatuh hari ini terasa berbeda dengan biasanya. Pasalnya harus tetap menjalankan tugas kemanusiaan memakamkan pasien covid-19.

"Untuk itu tepat di detik-detik kemerdekaan RI ke 76, tanpa sedikit pun mengurangi semangat satgas covid-19, kita berhenti sejenak memberikan penghormatan terhadap Sang Saka Merah Putih sebagai bentuk cinta terhadap Tanah Air Indonesia," kata I Nyoman.

Tingginya kasus covid-19 di antaranya di Provinsi Kalimantan Selatan mau tidak mau membuat para petugas harus berjibaku menghadapi dan menangani pemakaman jenazah covid-19 setiap harinya.

Bahkan, ujar I Nyoman, petugas gabungan pernah dalam sehari menangani 18 orang jenazah terkonfirmasi positif covid-19 yang meninggal dunia.

Dirinya berharap, di momen kemerdekaan RI ke 76 ini, pandemi covid-19 cepat berlalu dan masyarakat bisa kembali beraktivitas dan ekonomi pulih seperti motto kemerdekaan " Indonesia Tangguh, Indonesia Maju."

"Kepada masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan, covid-19 ini ada, mari kita sama-sama mematuhi, mengikuti, menerapkan apa yang sudah menjadi aturan pemerintah akan protokol kesehatan agar terhindar dari covid-19. Dengan masyarakat mematuhi prokes dan doa, virus ini bisa segera cepat berlalu," ujarnya.

Senada dengan petugas KBR Brimob Polda Kalsel, Aiptu Purwo Santoso dan Aiptu Fredi Palopo Nugroho, kedua petugas yang turut terlibat dalam penanganan pemulasaran jenazah covid-19 berharap masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

"Kami harap masyarakat dapat mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun," ucap Aiptu Purwo.

Virus ini, ujarnya, memang tidak terlihat tapi dapat diketahui setelah seseorang terjangkit yang di kuatkan dengan hasil pemeriksaan.

Sehingga jangan lengah untuk menerapkan prokes 5M dan tetap selalu berdoa agar virus corona di tahun ini bisa segera berakhir.
(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved