Sport

Waktu Sebulan Dimanfaatkan Atlet Kalteng Latihan Ketat untuk Prestasi Optimal di PON Papua

Tim Satgas PON Kalteng monitoring secara langsung dan daring terhadap para atlet di puslatda dan yang mandiri sebagai persiapan mengikuti PON XX Papua

Penulis: Fathurahman | Editor: Alpri Widianjono
KONI KALTENG
Atlet Kalimantan Tengah yang akan berlaga di PON XX Papua, sedang berlaih. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pelaksanaan PON XX Papua tinggal sebulan lagi, latihan para atlet di pusat pelatihan daerah (pelatda) Provinsi Kalimantan Kalteng berjalan dengan ketat.

Pelaksanaan latihan di masa pandemi Covid-19 ini, semua pihak melakukan latihan keras dan tekun tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat agar terhindar dari penyebaran virus corona.

Penggemblengan atlet terus diawasi pelatih dan KONI Kalteng agar semua target yang diinginkan dalam  pelksanaannya bisa berjalan lancar seperti yang diharapkan.

Pengurus koni kalteng terus merampungkan berbagai kesiapan perjalanan hingga pelayanan atlet, mulai keberangkatan sampai pertandingan hingga pelaksanaan PON mendatang.

Tim Satuan Tugas (Satgas) PON Kalteng Juga melakukan berbagai pemantauan, monitoring dan evaluasi (monev), baik secara faktual hingga secara daring.

Baca juga: Ketua KONI Kalteng Eddy Raya Optimistis Atlet Mampu Naikkan Peringkat di PON Papua

Baca juga: Satgas KONI Dorong Perbaikan Peringkat Atlet Kalteng di PON XX Papua 2021

Sepekan ini, Satgas PON Kalteng melakukan monev ke sejumlah cabor atlet yang melakukan latihan mandiri hingga terpusat.

Untuk cabor dayung di di Sungai Kahayan, Lapangan Sepak Bola Senaman Mantikai cabor atletik dan cabor lainya, lapangan memanah dan balap motor di kompleks Stadion Tuah Pahoe.

Kemudian, satu rumah di Jalan RTA Milono untuk cabor  tinju, Biliard Krakatau (Biliard) di Jalan Krakatau,  pemantauan via zoom untuk catur di ruang fraksi di Kantor DPRD Kalteng, lainya latihan secara mandiri.

Kepala Satgas PON Kalteng, Christian Sancho, Rabu (18/8/2021), mengatakan, timnya melakukan monitoring dan evaluasi, serta koordinasi dengan internal hingga pengprov cabor untuk melakukan berbagai kesiapan.

"Aktifitas monev dilakukan sejak beberapa bulan lalu, hasilnya disampaikan ke Satgas PON Kalteng dan pengurus KONI untuk dicermati. Termasuk, koordinasi dengan Polda Kalteng dan berbagai kesiapanya,” ujarnya.

Baca juga: KONI Kalteng Ajukan Anggaran PON Papua Mencapai Rp 38 Miliar

Baca juga: Baru Dilantik, Pengurus KONI Kalteng Diingatkan Fokus Persiapkan Atlet PON Papua

Tim Satgas PON Kalteng Bagian Kesehatan juga melakukan koordinasi dengan pengprov cabor untuk mengevaluasi berbagai kesiapan atlet baik secara mental, fisik dan asupan gizi guna pemantauan lebih lanjut.

Sementara itu, di tempat terpisah, seorang anggota tim Satgas PON Kalteng, Marcos Tuwan, meminta pengprov  kembali meningkatkan  latihan serta data atlet agar dalam verifikasi ke PB PON tidak bermasalah.

“Ada beberapa atlet yang menjadi catatan oleh PB PON, hal itu sudah disampaikan ke pengprov untuk dilakukan pembenahan, disamping tim Satgas PON Kalteng dan KONI Kalteng juga melakukan koordinasi intens. Selain tim kesehatan, pengprov juga diminta memantau atlet dalam menjalankan pelatda terpusat atau mandiri agar meningkatkan prokes ketat sehingga terhindar dari potensi Covid-19, yang dapat berdampak pada keberangakatan atlet nantinya,” ujarnya.

Sebanyak 19 cabor lolos ke PON XX Papua, delapan di antaranya cabor unggulan. Meskipun di tengah situasi pandemi, tentunya semua daerah dan cabor memiliki kendala.

Namun, koni kalteng terus berupaya dalam meningkatkan program latihan untuk dapat memperbaiki peringat pada PON XX Papua.

(Banjarmasinpost.co.id/Faturahman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved