Breaking News:

Berita Banjarmasin

Tim Satgas Minta Kalsel Diprioritaskan untuk Mendapat Stok Oksigen

Satgas Oksigen Kalsel sebut keperluan oksigen selama PPKM Level 4 sebanyak 20 ton sehari sehingga perlu cadangan banyak untuk layani pasien Covid-19.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MILNA SARI
Penyerahan hibah iso tank dan 200 tabung oksigen dari Ketua Kamar Dagang Indonesia cabang Provinsi Kalimantan Selatan, Ir H Edy Suryadi, kepada Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, di Banjarmasin, Kamis (19/8/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Hingga kini Kalimantan Selatan masih kekurangan tangki tempat menyimpan oksigen, terutama untuk keperluan penanganan pasien Covid-19.

Hal itu diungkapkan Ketua Satgas Oksigen Kalsel, Kombes Moch Noor Subchan, saat ditemui divaksinasi gratis yang diadakan Kadin Kalsel di GOR Hasanuddin HM, Kamis (19/8/2021)

"Keperluan oksigen Kalsel selama PPKM Level 4 sebanyak 20 ton sehari," sebutnya.

Pada 17 Agustus ada tambahan empat tangki dari Sulawesi Tenggara. Kemudian, satu tangki lagi dari Kadin Indonesia yang diserahkan hari ini.

Tambahan lainnya, sebut dia, 200 tabung Oksigen serta 20 ton iso tank dari Kemenkes yang 10 tonnya untuk Kalteng.

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalsel: 10 Persen Masyarakat Telah Dapat Vaksin Dosis Kedua

Baca juga: Airlangga Hartarto: Vaksinasi Lindungi Ibu Hamil dan Bayi dari Covid-19

"Kita masih kekurangan 7 hingga 8 tangki sebulannya. Kita terus mencari langkah agar Kalsel bisa diprioritaskan," ujarnya.

Terlebih, Kalsel sangat bergantung pada air sungai pada pengirim oksigen. Contohnya, pengangkutan oksigen dengan kapal draf 6 meter tidak bisa masuk sampai ke pelabuhan. Sebabnya, draf air Sungai Barito hanya 5 meter.

Meski begitu, tambahnya, dengan datangnya bantuan oksigen saat ini pasokan mulai rileks dengan surplus 1.000  tabung. "Kemenkes juga sudah mengirim 246 oksigen konsentrator untuk Kalsel," ujarnya.

Meski ada surplus oksigen, Subchan meminta masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan demi mengurangi masyarakat yang dirawat dan memerlukan Oksigen akibat terpapar Covid-19.

Sementara itu, Kadin Kalsel kembali melaksanakan vaksinasi gratis dosis kedua kepada 1.000 orang di Banjarmasin.

Proses bongkar muatan tangki oksigen di Terminal Peti Kemas Banjarmasin (TPKB), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (15/8/2021) malam.
Proses bongkar muatan tangki oksigen di Terminal Peti Kemas Banjarmasin (TPKB), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (15/8/2021) malam. (BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD RAHMADI)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved