Breaking News:

Shalat Jumat

Tak Bisa Shalat Jumat ke Masjid, Begini Cara Melaksanakan Shalat Zuhur Pengganti Jumat

Bagi umat muslim yang tidak bisa berangkat shalat Jumat karena uzur, shalat zuhur menjadi pengganti.

Editor: M.Risman Noor
(FAZRY ISMAIL/EPA-EFE)
Jemaah shalat Jumat di Masjid Nasional Kuala Lumpur, Malaysia, 13 Maret 2020. Terlihat seorang pria memakai masker di tengah merebaknya virus corona di Malaysia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bagi umat muslim yang tidak bisa berangkat shalat Jumat karena uzur, shalat zuhur menjadi pengganti.

Apalagi saat ini beberapa wilayah penyebaran virus Corona atau Covid-19 masih mewabah cukup tinggi hingga dianjurkan bisa menjadikan shalat zuhur menjadi pengganti Jumat.

Bagi yang merasa cukup sehat dan tak rawan tertular maupun sudah divaksin, mungkin masih bisa shalat Jumat berjemaah di masjid.

Memang, untuk menekan jumlah korban terinfeksi Virus Corona, pemerintah mengeluarkan larangan berkumpul, bekerja, sekolah dan beribadah di rumah ibadah, termasuk Shalat Jumat.

Baca juga: Arti dan Makna Doa Qunut Biasa Dilakukan Saat Shalat Subuh, Merendahkan Diri kepada Allah SWT

Baca juga: Jenis -jenis Doa Qunut, Dilakukan Saat Masuki Rakaat Kedua Shalat Subuh dan Witir

Hal itu diambil dengan tujuan untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19 di Indonesia.

Menyikapi masalah itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan fatwa seputar penyelenggaraan ibadah di tengah situasi mewabahnya virus corona.

Umat Islam melaksanakan shalat Jumat berjamaah dengan menerapkan jaga jarak di Masjid Pusdai, Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/6/2020). Masjid Pusdai mulai menggelar pelaksanaan ibadah shalat jumat berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat menjelang penerapan tatanan hidup normal baru di tengah pandemi COVID-19.
Umat Islam melaksanakan shalat Jumat berjamaah dengan menerapkan jaga jarak di Masjid Pusdai, Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/6/2020). Masjid Pusdai mulai menggelar pelaksanaan ibadah shalat jumat berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat menjelang penerapan tatanan hidup normal baru di tengah pandemi COVID-19. (ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA)

Dilansir tribun-timur.com dengan judul MUI Sulsel Imbau Shalat Jumat Ditiadakan, Tata Cara Mengganti Shalat Jumat dengan Shalat Duhur, Deputi Pengembangan Pemuda, Dr. H. M. Asrorun Ni'am Sholeh, MA, menyampaikan fatwa tersebut diterbitkan sebagai panduan bagi masyarakat, khususnya kaum muslim di Indonesia.

Masyarakat diimbau agar tetap menjalankan pelaksanaan ibadah sekaligus berkontribusi mencegah peredaran Covid-19.

Oleh karena itu, terdapat sembilan poin penting yang disampaikan oleh MUI.

Hal itu tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved