Breaking News:

Berita Tanbu

Banjir Kalsel : Hujan Deras Mengguyur, Kusan Tengah dan Kusan Hulu Tanbu Kebanjiran

Hujan deras yang mengguyur beberapa hari belakangan membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Tanahbumbu, dilanda banjir.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
Kades Serdangan untuk BPost
Jalan Poros Desa Serdangan saat ini sudah terendam banjir akibat hujan deras beberapa hari ini, Minggu (22/8/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Hujan deras yang mengguyur beberapa hari belakangan membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Tanahbumbu, dilanda banjir.

Misalnya saja di wilayah Kecamatan Kusan Tengah dan Kusan Hulu. Sejak Sabtu kemarin, air mulai naik dan membuat sejumlah jalan dan rumah kemasukan air.

Di Lasung Kecamatan Kusan Hulu, sejak kemarin, Jalan Desa Lasung yang menghubungkan Desa Satiung Kecamatan Kusan Tengah, rusak parah karena penahan airnya, ben ai jebol.

Akibatnya jalan desa tersebut tak bisa dilalui, karena air masih deras dan jalan aspalnya juga sudah terkelupas akibat derasnya air sungai tersebut. 

Baca juga: Banjir Kalsel, Debit Air Naik di Kusan Hulu Kabupaten Tanbu Akibatkan Jalan Rusak

Baca juga: Sidang Gugatan Korban Banjir Kalsel Dilanjut September, Penggugat Hadirkan 2 Saksi Ahli

Baca juga: Banjir Kalsel di Tanbu :  Air Mulai Surut, Warga Terdampak Mulai Bersihkan Rumah dari Lumpur

Menurut Camat Kusan Hulu, Herlambang, jalan masih belum bisa dilalui, namun masyarakat masih bergotong-royong untuk memperbaiki jalan yang rusak itu.

Sementara di Desa Sardangan Kusan Tengah, air sungai juga mulai bergerak naik. Bahkan sebagian jalan utama desa dan titian desa terendam banjir.

"Kalau jalan poros desa sudah tidak bisa dilalui. Dan sebagian rumah warga ada yang kemasukan air dan ada yang belum," kata Kepala Desa Sardangan, Andi Tanra saat dihubungi banjarmasinpost.co.id.

Terpisah, Camat Kusan Tengah, Hendri, saat dikonfirmasi mengatakan diwilayahnya ada 4 desa yang terdampak banjir yakni Serdangan, Satiung, Pulau Tanjung dan Salimuran.

Di Desa Serdangan, Rumah masyarakat terendam banjir sebanyak 3 rumah, jalan poros desa terendam air di kedalaman 1 meter.

Baca juga: Banjir Kalsel di Tanbu : 26 Kepala Keluarga Terdampak di Satui Mengungsi

Desa Satiung, Jalan Poros Kecamatan menuju desa terputus karena luapan sungai sungai, rumah masyarakat terendam air di sepanjang Sungai Kusan, area persawahan terendam air.

Sedangkan di Pulau Tanjung, ketinggian air 30 cm dari permukaan tanah, kurang lebih 150 Hektare sawah terendam air.Sementara di Desa Salimuran kondisinya, ada 7 rumah warga terendam  di bagian teras rumah. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved