Breaking News:

Sidang Kasus Korupsi Mantan Mensos

Vonis Juliari Lebih Berat dari Tuntutan Jaksa, Hakim Sebut Soal Lempar Batu Sembunyi Tangan

Vonis Juliari lebih berat dari tuntutan jaksa. Ketua Majelis Hakim Muhammad Damis menyebut dua hal yang memberatkan vonis mantan mensos itu

istimewa
Juliari P Batubara, saat menjabat Menteri Sosial RI. Vonis Juliari Lebih Berat dari Tuntutan Jaksa, Hakim Sebut Soal Lempar Batu Sembunyi Tangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara divonis 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta dalam perkara dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) sembako Covid-19 di Jabodetabek, Senin (23/8/2021).

Dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi ( Tipikor) Jakarta itu, Juliari juga dijatuhi pidana tambahan untuk membayar uang pengganti Rp 14.597.450.000. Hak politiknya juga dicabut selama 4 tahun setelah menjalani pidana pokoknya.

Vonis Juliari ini lebih berat dari tuntutan jaksa yang hanya menuntut hukuman 11 tahun penjara.

Dalam persidangan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Muhammad Damis, disebutkan ada dua hal yang memberatkan vonis politikus PDI-P tersebut.

Juliari disebut tidak mengakui perbuatannya telah melakukan tindak pidana korupsi pengadaan paket bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19 wilayah Jabodetabek tahun 2020.

Baca juga: Hakim Vonis 12 Tahun Penjara, Hukuman Mantan Mensos Juliari Batubara Lebih Berat dari Tuntutan Jaksa

Baca juga: Link Live Streaming Sidang Putusan Mantan Mensos Juliari Batubara, Jaksa Tuntut 11 Tahun Penjara

Hakim Damis bahkan menyebut sikap Juliari tersebut tidak kesatria.

“Perbuatan terdakwa dapat dikualifikasi tidak kesatria, ibaratnya lembar batu sembunyi tangan. Berani berbuat tidak berani bertanggung jawab. Bahkan menyangkali perbuatannya,” kata hakim Damis dalam sidang pembacaan putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (23/8/2021).

Kemudian, hakim Damis mengatakan, hal kedua yang memberatkan putusan adalah tindakan korupsi Juliari dilaksanakan saat Indonesia sedang mengalami kondisi darurat wabah bencana non alam pandemi Covid-19.

Majelis hakim juga mengungkapkan hal-hal yang meringankan vonis pada Juliari Batubara.

Hakim Damis menyebut hal yang meringankan adalah Juliari belum pernah dijatuhi pidana sebelumnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved