Breaking News:

Berita Balangan

Rencana Penyaluran Dana Stimulan bagi Warga Terdampak Banjir di Kabupaten Balangan

BPBD Kabupaten Balangan kerja sama dengan BRI KCP Paringin untuk salurkan dana bantuan bagi korban banjir. Uang masuk rekening untuk perbaikan rumah.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
ILUSTRASI - Warga mengevakuasi barang yang bisa diselamatkan dengan menggunakan perahu karet dari lokasi banjir parah di desanya, Desa Hujanmas, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Provinsi Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (16/1/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Angin segar bagi warga terdampak banjir di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, akhirnya berhembus.

Pasalnya, para warga terdampak yang mendapatkan bantuan rehabilitasi rumah rusak yang kena banjir akan dicairkan. 

Bantuan stimulan berupa dana untuk warga terdampak banjir pada Januari lalu sudah diproses BPBD Balangan, bekerja sama dengan BRI Kantor Cabang Pembantu (KCP) Paringin. 

Disampaikan Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love, Penyaluran antuan Stimulan Perbaikan Rumah (BSPR)  dalam waktu dekat. "Kami sudah lakukan perjanjian kerja sama dengan Bank BRI," ujarnya, Selasa (24/8/2021).

Tujuan dari perjanjian tersebut untuk menyalurkan bantuan stimulan perbaikan rumah di Kabupaten Balangan agar tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasaran dan tepat administrasi. 

Baca juga: VIDEO Pengendara Langgar Prokes di Kabupaten Balangan Jalani Rapid Tes Antigen

Baca juga: Tarif Baru Swab PCR dan Antigen Keluar, RSUD Balangan Masih Tunggu Arahan Dinkes Kalsel

Sebut Alive, hampir ratusan rumah yang terdampak banjir beberapa waktu lalu. Setelah penandatanganan dilakukan, maka bantuan akan disalurkan. 

Mekanisme penyaluran dana, yakni uang akan langsung masuk ke rekening penerima. Selanjutnya, secara simbolis diserahkan Bupati. 

Melalui bantuan tersebut, Alive berharap, para penerima nantinya dapat menggunakan dana tersebut sebaik mungkin. Pemanfaatannya pun sesuai, yakni untuk memperbaiki rumah yang rusak akibat banjir. 

"Jangan sampai dana ini digunakan di luar keperluan perbaikan rumah, semisal beli kendaraan, hp dan lainnya," harap Alive. 

Sementara itu, Kepala BRI KCP Paringin, Arif Wibowo, menambahkan, teknis pengambilan dana akan diberikan fasilitas kartu debit card. Pengambilan bisa melalui outlet yang ada di BRI atau agen BRILink. 

Baca juga: Dijual Mulai Rp 85.000-Rp 300 Ribuan, Tas Bamban Olahan Diktiarni Khas Balangan Telah Laku Ratusan

Baca juga: Jaringan Internet di Balangan Sentuh Wilayah Pedalaman

Pengambilan dana stimulan bisa dilakukan secara bertahap, sesuai keperluan. Adapun dana yang diterima tergantung tingkat kerusakan, mulai dari ringan, sedang hingga berat. 

Kemudian, Arif Wibowo juga berharap, adanya kerja sama tersebut bisa membantu masyarakat, terutama yang menerima bantuan menggunakan dana agar tidak konsumtif. 

"Sehingga, dana tepat sasaran untuk perbaikan rumah dengan harapan tercipta pertumbuhan ekonomi di Balangan," harapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved