Breaking News:

Berita Kalteng

BUMDes Usaha Bersama Desa Lunuk Ramba Kapuas Jadi Tiga Terbaik se-Kalteng

BUMDes Usaha Bersama Desa Lunuk Ramba, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas meraih peringkat tiga terbaik dari ribuan Bumdes di Kalteng

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Hari Widodo
DPMD Kapuas
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Usaha Bersama Desa Lunuk Ramba, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas berhasil meraih peringkat tiga terbaik se Provinsi Kalimantan Tengah dan ini salah satu foto jenis usaha dari BUMDes Desa tersebut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Memiliki tujuh jenis usaha sebagai penyumbang terbesar bagi Pendapatan Asli Desa (PAD) menghantarkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Usaha Bersama Desa Lunuk Ramba, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas meraih peringkat tiga terbaik dari ribuan Bumdes di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Ditetapkannya BUMDes Usaha Bersama sebagai juara ketiga tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 91 Tahun 2021.

Yakni tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Pengumuman pemenang dilaksanakan secara daring/via zoom meeting beberapa waktu yang lalu.

Indikator penilaian BUMDes terbaik ini pun dinilai dari jenis usaha yang dilakukan, modal, omzet penjualan perbulan, keuntungan perbulan dan kontribusi untuk desa.

Baca juga: Kelola Demplot Multi Komoditas Hortikultura, BUMDes Maju Bersama Dapat Pendampingan Dinas PMD Tapin

Baca juga: Warga Dimudahkan dengan Kehadiran BUMDes Mart di Desa Wonorejo Kabupaten Tanbu

Adapun tujuh jenis usaha yang di laksanakan oleh BUMDes Desa Lunuk Ramba sehingga desa tersebut ditetapkan sebagai peringkat terbaik ketiga yaitu usaha simpan pinjam, pengelolaan pasar, penjualan SAPROTAN, penjualan BBM (Pom Mini), Penyewaan (Kanopi, ps, dan lain-lain), BRILINK dan Rumah Makan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Yanmarto menyampaikan rasa bangganya atas capaian yang sudah diraih serta mengucapkan selamat atas prestasi tersebut, karena menurutnya tidak mudah bersaing dengan banyaknya BUMDes yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah.

Lebih lanjut, ia mengatakan ke depan akan terus dilaksanakan dan ditingkatkan pembinaan BUMDes dan BUMDes Bersama melalui pendaftaran nama BUMDes secara online supaya berbadan hukum.

Untuk BUMDes di Desa Lunuk Ramba ia menerangkan adalah BUMDes yang pertama kali di Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Kapuas yang sukses dan berhasil mendaftarkan nama BUMDes nya di Kementerian Desa PDTT dan telah memperoleh persetujuan Menteri.

Selanjutnya tinggal menunggu pengesahan dari Kemenkumham agar menjadi BUMDes yang berbadan hukum, sedangkan untuk BUMDes lain yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas masih belum seluruhnya mendaftarkan nama BUMDes nya, dan ini yang perlu di dorong secepatnya.

"Selain itu manajemen BUMDes kedepan kami harapkan harus lebih modern dan canggih dengan memiliki aplikasi dan ini yang sudah kita sosialisasikan, jadi tidak perlu merasa sulit apabila aplikasi berjalan otomatis manajemennya juga semakin baik," bebernya, Rabu (25/8/2021).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved