Breaking News:

PUPR Balangan

Dukung Program Menata Kota Membangun Desa, Pembangunan Jalan dan Jembatan di Balangan Jadi Prioritas

Dinas PUPR Balangan menggenjot pembangunan infrastruktur terutama jalan dan jembatan

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Proses pembangunan pileslab di Tundakan, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan, Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas PUPR Kabupaten Balangan terus menggenjot pembangunan infrastruktur. Terutama pada pembangunan jalan dan jembatan.

Baru-baru ini, sejumlah pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan terus dilakukan. Di antaranya adanya rencana perbaikan jalan di kawasan Kecamatan Halong dan Tebingtinggi, Kabupaten Balangan.

"Untuk mendukung visi dan misi Bupati Balangan, Abdul Hadi dan Wakil Bupati Balangan dalam rangka membangun desa, menata kota, tentu inti di dalamnya ada infrastruktur," ucap Kepala Dinas PUPR Kabupaten Balangan, Tuhalus, Rabu (25/8/2021).

Infrasturktur yang dimaksud jelasnya meliputi sejumlah pembangunan. Di antaranya jalan dan jembatan yang saat ini baru mencapai 65 persen di tahun 2021.

Mengacu pada visi dan misi Bupati Balangan dan Wakil Bupati Balangan pula, Tuhalus berharap anggaran untuk program pembangunan di Balangan semakin meningkat. Khususnya untuk infrastruktur. 

Tuhalus menerangkan, tahun ini peningkatan persentase kemantapan jalan sudah cukup lumayan tinggi. Dari angka 56 persen menjadi 60 persen pada tahun 2021.

"Kami berharap itu akan terus meningkat hingga tahun 2024 nanti dan mencapai angka 72 persen," sebut Tuhalus.

Pihaknya pun yakin dengan fokusnya anggaran untuk pembangunan jalan dan jembatan akan mampu meningkatkan serta mempermudah akses jalan bagi warga.

Program pembangunan jalan di Kabupaten Balangan ini ucap Tuhalus tidak hanya menghubungkan desa ke kecamata, atau ke kabupaten, melainkan juga akan membuka jalan anak desa yang tujuannya untuk mendukung kegiatan pertanian dan pariwisata.

Pada tahun 2021 ini, Dinas PUPR Kabupaten Balangan mendukung kegiatan pariwisata untuk menuju jalan anak desa Batarius. Selain itu, jalan Desa Liyu menuju Upau.

Sementara, kegiatan perbaikan jalan juga akan dilakukan pada tahun yang sama. Terdata, saat ini direncanakan akan ada pengaspalan jalan dari Muara Pitap ke Awayan, berlanjut Awayan ke Bihara, kemudian Bihara ke Tebingtinggi hingga ke Desa Ajung.

Pada akhir tahun 2021 pula, berlanjut ke tahun 2021, Dinas PUPR Kabupaten Balangan akan melakukan perbaikan jalan desa dari Halong menuju Tabuan, Kemudian ruas jalan Tabuan ke Mantuyan, Mantuyan ke Mauya.

"Tahun 2022 kami juga akan menghubungkan jalan dua kecamatan yakni Kecamatan Halong dan Tebingtinggi. Sehingga warga setempat akan lebih mudah dan dekat dalam berinteraksi," beber Tuhalus.

Sebagai pendukung pembangunan tersebut, tentunya Dinas PUPR Kabupaten Balangan juga telah mengusulkan anggaran. Tahun 2021 ini, khusus untuk penanganan jalan dan jembatan, Dinas PUPR Kabupaten Balangan menyiapkan dana senilai Rp 126 M. 

Selain fokus pada penanganan jalan, pada tahun 2021 ini pula, Dinas PUPR Kabupaten Balangan telah melakukan perbaikan pada 10 jembatan. Empat unit di antaranya pembangunan dengan sistem pile slab.(AOL)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved