Breaking News:

Berkunjung ke Perkantoran Pemprov Kalsel

Wisata Kalsel, Mengenal Arsitektur Banjar Melalui Bentuk Gedung Pemprov

Wisata Kalsel. Jenis-jenis rumah banjar dapat terlihat pada bangunan-bangunan di perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Wisata Kalsel. Salah satu bangunan di kawasan perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru, Rabu (25/8/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Wisata Kalsel. Menjadi ikon dan mencolok di Perkantoran Pemprov Kalimantan Selatan adalah keberadaan kantor Setda yang berbentuk rumah Banjar Bubungan Tinggi.

Bangunan ini menjadi spot foto menarik saat rekreasi ke kawasan yang masuk wilayah Kota Banjarbaru tersebut.

Ya, hampir semua kantor di kompleks seluas 500 hektare itu berdesain rumah Banjar. Pastinya desain itu terlihat pada kantor-kantor SKPD atau dinas di bawah Pemprov Kalsel. 

Dengan begitu, saat kita jalan-jalan ke sana kita akan mengenal budaya Banjar dengan kekhasan bangunan rumah yang dilestarikan dalam desain fisik kantor. 

Baca juga: VIDEO Wisata Kalsel, Bangunan ala Rumah Banjar di Perkantoran Pemprov Kalimantan Selatan

Baca juga: Wisata Kalsel, Olahraga dan Berekspresi di Ruang Terbuka Perkantoran Pemprov Kalimantan Selatan

Meski sayangnya tak ada papan informasi di depan halaman kantor yang menerangkan bentuk rujukan desain rumah Banjar jenis apa, namun kita masih bisa mencoba menganalisanya sendiri. 

Salah satunya Rumah Bubungan Tinggi yang menjadi desain kantor Setdaprov Kalsel. Sejatinya rumah Bubungan Tinggi adalah rumah atau istana bagi Sultan Banjar yang dihuni raja beserta para pangerannya.

Rumah Banjar yang terdiri 14 jenis itu kalau secara tradisional dibuat dengan konstruksi utama kayu ulin, ini merupakan kayu yang sangat kuat sehingga disebut dengan kayu besi. 

Dengan konstruksi kayu ulin itu, bertujuan agar bangunan bisa berdiri kokoh dalam waktu yang sangat lama. Tak heran, jika banyak rumah banjar tempo dulu bertahan hingga ratusan tahun.

Baca juga: Wisata Kalsel, Banyak Jalan Menuju Perkantoran Pemprov Kalimantan Selatan

Baca juga: Wisata Kalsel, Nikmati Keindahan Alam di Lingkungan Kantor Pemprov Kalimantan Selatan

Kunci konstruksi rumah banjar adalah elemen tiang, balok watun, dan balok pengaku yang saling menguatkan satu sama lain. 

Sebagai pengetahuan bagi kita semua, rumah ranjar memiliki banyak jenis, yaitu Rumah Bubungan Tinggi, Rumah Gajah Baliku, Rumah Gajah Manyusu, Rumah Balai Laki, Rumah Balai Bini, Rumah Palimasan, Rumah Palimbangan, Rumah Anjung Surung, Rumah Tadah Alas, dan Rumah Joglo.

Nah, Anda bisa searching di internet mengenai bentuk fisik bangunan Arsitektur Banjar dan mencocokanya dengan bangunan -bangunan kantor di kompleks tersebut. Tentunya, ini menjadi rekreasi yang juga menjadi edukasi.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved