Breaking News:

Berkunjung ke Perkantoran Pemprov Kalsel

Wisata Kalsel, Nikmati Keindahan Alam di Lingkungan Kantor Pemprov Kalimantan Selatan

Wisata Kalsel. Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia dan Kebun Raya Banua ada di perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Wisata Kalsel. Kebun raya di kawasan perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru, Rabu (25/8/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Wisata Kalsel. Perkantoran Pemprov Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru ramai dikunjungi masyarakat. 

Ada Hutan Kota (Forest City) atau Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia dan Kebun Raya Banua, serta yang sudah dibangun namun belum dibuka untuk umum adalah dua lokasi embung atau bendungan air.

Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia dibangun di lahan seluas kurang lebih 90 hektare. Lokasinya sebelah timur Kantor Setdaprov Kalsel. 

Suasananya teduh. Kesejukan udaranya membawa kesegaran tersendiri. Ditambah suasana lalu lintas yang masih sepi sehingga nuansa hutan kota begitu terasa.

Di taman yang juga cocok untuk wisata edukasi ini ada 48.072 pohon yang terdiri jenis endemik hutan hujan tropika dataran rendah seperti 41 jenis dalam kelompok diptenokarpa (meranti).

Taman ini juga dilengkapi pedestrian atau jalur pejalan kaki berbahan beton berlapis paving block. Ada beberapa gazebo yang bisa menjadi tempat mengatur napas dan mengeringkan keringat. 

Baca juga: Wisata Kalsel, Rekreasi di Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Kemudian Kebun Raya Banua yang luasnya 100 hektar. Di sana ada sejumlah tanaman dilengkapi dan beberapa fasilitas dibangun. 

Koleksi tumbuhan terdokumentasi dan ditata berdasarkan pola klasifikasi dan taksonomi, bioregion, tematik, atau kombinasi dari pola-pola tersebut. 

Sesuai fungsinya sebagai kebun, KRB merupakan wahana konservasi alam, yang sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

Di dalamnya terdapat beberapa zona tanaman meliputi tanaman buah, obat-obatan, bunga, kayu dan lainnya.

Selain itu, ia juga dilengkapi dengan taman labirin berukuran besar, taman bermain dan fasilitas yang menyenangkan lainnya. Luas lahannya sendiri kurang lebih 100 hektare.

Baca juga: Wisata Kalsel, Danau Biru di Banjarbaru yang Diapit Pegunungan

Baca juga: Wisata Kalsel, Hutan Pinus Salah Satu Wisata Tertua di Kota Banjarbaru

Dekat situ juga ada embung yang nantinya difasilitasi spot menarik untuk berfoto, jukung-jukung khas Kalimantan, lanting bambu untuk penyeberangan ke pulau mini yang terdapat di tengah embung serta  sepeda. 

Adalagu Embung Kampung Banjar  lokasi persinya berada di akses keluar dan masuk perkantoran dari arah Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved