Breaking News:

Berita Banjarmasin

Badan Keuangan Daerah Kalsel Targetkan Pajak Air Permukaan Kalsel Naik 1.000 Persen

Perolehan Pajak Air Permukaan sebelumnya hanya Rp 4 miliar per tahun, Bakeuda Kalsel akan naikkan 1.000 persen hingga jadi Rp30-Rp 40 miliar per tahun

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ALPRI WIDIANJONO
Kantor Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Kota Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Badan Keuangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan menargetkan kenaikan pendapatan dari Pajak Air Permukaan (PAP) di 2022 hingga 1.000 persen atau Rp 40 miliar.

Kalau perolehan sebelumnya hanya Rp 4 miliar per tahun. Namun hal ini dinilai sangat kecil.

"Kami targetkan bisa Rp 30 miliar sampai Rp 40 miliar. Insya Allah bisa tercapai," ucap Agus Dyan Nur, Kepala Badan Keuangan Daerah Kalsel saat ditemui di DPRD Kalsel di Banjarmasin, Kamis (26/8/2021).

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya bersama pemerintah kota dan kabupaten akan mendata perusahaan perkebunan maupun tambang yang menggunakan air permukaan.

Jumlah perusahaan yang telah terdata di 2021 jelasnya ada 120. Sementara di dengan upaya yang sedang ditempuh  di 2022 ujarnya naik mencapai 246 perusahaan.

Baca juga: Pj Gubernur: Pendapatan Pajak Air Permukaan di Kalimantan Selatan Kecil

Saat ini pihaknya sedang melakukan proses pembuatan Peraturan Gubernur (Pergub). Tarif tetap, akan tetapi disesuaikan dengan peraturan.

Menurutnya, tarif yang ada memang perlu penyesuaian dengan ketentuan regulasi di atasnya, yaitu Kementerian PUPR. Sekarang ini sedang proses pembuatan Pergubnya. 

"Insya Allah dalam dua bulan ini bisa rampung. Hal yang diubah bukan nilai tarifnya, tapi nilai perolehannya. Tarifnya tetap 10 persen. Tapi cara nilai perolehannya itu yang regulasinya akan kami benahi," jelas Agus.

Dengan demikian, diharapkan tarifnya juga bisa tinggi. Pada gilirannya nanti, dapat meningkatkan pendapatan dari sektor Pajak Air Permukaan

Dalam meningkatkan pendapatan Pajak Air Permukaan, Agus mengatakan, tidak bisa dilakukan sendiri. Tetapi juga diharapkan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota di Kalsel.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel Sebut Ratusan Perusahaan Tambang Belum Bayar Pajak Air Permukaan

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel ini Minta Bakeuda Optimalkan Pajak Air Permukaan

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved