Breaking News:

Goa Liang Bangkai di Kabupaten Tanbu

Wisata Kalsel, Pengunjung Harapkan Fasilitas di Goa Liang Bangkai Tanbu Terus Ditambah

Wisata Kalsel. Pengunjung berharap edukasi dan fasilitas bisa lebih ditingkatkan di Goa Liang Bangkai di Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanbu.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MAN HIDAYAT
Wisata Kalsel. Pengunjung di bagian dalam Goa Liang Bangkai, kawasan batuan kapur Desa Dukuh Rejo, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (26/8/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Wisata Kalsel. Goa Liang Bangkai di Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, sudah ramai dikunjungi masyarakat. Apalagi sebelum pandemi.

Pengunjung saat ini memang masih dibatasi jumlahnya karena kondisi pandemi. Tak begitu banyak yang datang.

Misalnya saja Joko, wisatawan yang datang bersama anak dan istri. Sengaja melihat gua ini untuk kali pertama. Niatannya baru kesampaian sekarang.

Dia selama ini hanya bisa melihat Goa Liang Bangkai dari media sosial dan juga cerita dari teman-teman. Karena itulah, ingin melihatnya langsung.

Baca juga: Wisata Kalsel, Berbagai Fasilitas di Goa Liang Bangkai Mantewe Kabupaten Tanbu

Baca juga: Wisata Kalsel, Nama-nama Gua yang Ada di Liang Bangkai Mantewe Kabupaten Tanbu

Dan kini, dia yang terbilang masih pendatang, menilai tempat wisata tersebut sangat bagus untuk dikembangkan lagi.

"Ini potensi wisata yang luar biasa. Harus dikelola dengan baik dan menjaganya. Menurut saya, ini bisa menjadi ikon. Tinggal menjaga dan merawatnya," katanya.

Menurutnya, tempat sampah sudah banyak, namun posisinya di bawah mulut gua. Sedangkan di bagian dalam gua, belum ada.

Selain itu, perlu edukasi karena masih ada pengunjung yang kesadarannya kurang, sehingga masih buang sampah sembarangan.

Baca juga: Wisata Kalsel, Jarak dari Pusat Batulicin ke Goa Liang Bangkai Kabupaten Tanbu

Baca juga: Wisata Kalsel, Menikmati Keindahan Goa Liang Bangkai di Mantewe Kabupaten Tanbu

Sementara, anggota Pokdarwis sekaligus pemandu wisata susur gua, Nursiono atau Pak Sio, berterima kasih atas masukan yang diberikan pengunjung.

Terpisah, Sekretaris Camat Mentewe, Nyariman, mengatakan, masyarakat merasa beruntung sekali dengan adanya tempat wisata ini karena tidak dimiliki daerah lain.

"Kami dari kecamatan sangat mendukung dan selalu mengupayakan agar fasilitas terus ditingkatkan. mulai dari jalan desa dan jaringan listriknya. Ini sudah kami masukkan ke dalam musrenbang. Semoga saja dari pemerintah kabupaten segera merealisasikannya," harap dia.

(Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved