Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Imbas Tarif PCR Turun, Penumpang di Bandara Syamsudim Noor Naik 24 Persen

Penumpang yang berangkat dari Bandara Syamsudim Noor Naik 24 Persen pasce tarif PCR turun

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/siti bulkis
Ilustrasi-Calon penumpang saat menunggu keberangkatan di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (9/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID -  Perubahan tarif PCR di klinik Bandara Internasional Syamsudin Noor menjadi Rp 525.000 (net) dimulai pada 20 Agustus 2021.

Namun dampak ke peningkatan jumlah penumpang baru  saja terasa. Itu pun masih kecil. 

Stakeholder Relation Bandara Internasional Syamsudin Noor, Ahmad Zulfian Noor, Jumat (27/8/2021) menjelaskan bahwa pada periode 7 hari sebelum penyesuaian tarif total 4.273 penumpang berangkat dengan rata-rata 610 penumpang per hari. 

Kemudian, lanjutnya, pada periode 7 hari setelah penyesuaian tarif (hingga 26 Agustus 2021) sebanyak 5.333 penumpang atau rata-rata 761 penumpang setiap harinya.

Baca juga: Tarif PCR Turun, Penumpang Pesawat di Bandara Syamsudin Noor Masih Sepi 

Baca juga: Tarif PCR Turun, Begini Respon Pengusaha Travel di Kalsel

"Sementara untuk penumpang yang tiba di Bandara kami pada periode 7 hari sebelum penyesuaian tarif sebanyak 5.214 penumpang tiba di BDJ dengan rata-rata penumpang berangkat 774 orang per hari. Sementara setelah penyesuaian tarif, selama 7 hari (hingga 26 Agustus 2021) tercatat total 6.865 penumpang tiba dengan rata-rata 980 penumpang setiap hari, " urainya. 

Berkaca pada jumlah tersebut, lanjut, Zulfian Noor, terjadi kenaikan jumlah penumpang baik yang berangkat maupun datang di Bandara Internasional Syamsudin Noor. 

" Untuk penumpang berangkat terjadi kenaikan sebanyak 24%, sementara untuk penumpang yang datang adalah 31%," bebernya. 

Baca juga: Tarif PCR Masih Lebih Mahal dari Tiket, Klinik Bandara Syamsudin Noor Tunggu Aturan Kemenkes

Adapun, Area Manager Lion Air Kalselteng, Agung Purnama, menambahkan, karena baru saja diumumkan soal tarif PCR turun, jadi belum kelihatan signifikan kenaikan. 

"Kenaikannya penumpang ya ada. Hal ini terbukti kita sudah nambah penerbangan ke Surabaya dan Semarang," sebutnya. (banjarmasinpost /nurholis huda). 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved