Breaking News:

Berita HST

Pemkab HST Akhirnya Bantu Warga Desa Baru Beli Tali Sling Jembatan Gantung 3

Upaya masyarakat Desa Baru Waki Kecamatan Batubenawa Kabupaten Hulu Sungai tegah membangun kembali jembatan gantung yang rusak diterjang banjir dari s

Penulis: Hanani | Editor: Edi Nugroho
Warga Desa Baru
Tali sling baja, bantuan Pemkab HST untuk penyesaian pebangunan jembatan gantung pengganti jembatan yang rudak diterjang banjir 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Upaya masyarakat Desa Baru Waki Kecamatan Batubenawa Kabupaten Hulu Sungai tegah membangun kembali jembatan gantung yang rusak diterjang banjir dari sisa reruntuhan jembatan sebelumnya plus dana urunan masyarakat sempat terhenti.

Masalahnya warga tak mampu membeli satu rol tali sling baja 1,5 x280 meter yang dibutuhkan sebagai tambahan.

Namun, kendala itu teratasi, setelah Pemkab HST akhirnya “mengulurkan tangan” membantu membeli kebutuhan tersebut.

Melalui Dinas PUPR HST, Bupati HST menurut warga mengirimkan tai sling tersebut ke lokasi di RT 7 dan 8 tersebut 26 Agustus 2021 kemarin.

Baca juga: VIDEO Dibangun Vertical Resceu dan YRPK, Jembatan Gantung Alat HST Diresmikan Ulama

Baca juga: Pelihara Jembatan Gantung Harapan, Kades Alat HST Anggarkan Dana Desa

Baca juga: Guru Arsyad Pimpin Syukuran Selesainya Jembatan Gantung Alat HST

“Tali sling beserta baut-baut pun sudah diterma masyarakat, dan Jumat (7/8/2021) gotong royong pembangunanya dilanjutkan,”ungkap Kasi Kesejahteraan Masyarakat Desa Baru Too Martoni kepada banjarmasinpost.co.id.

Warga Desa Baru, kata Toto menyampaikan terimakasih kepada Pemkab HST dan diharapkan percepatan pembangunan jembatan gantung permanen tersebut segera terealisasi.

Diberitakan sebelumnya setelah tiga kali hancur d terjang arus air sungai saat ketinggian meningkat, warga bertekat membangu jembatan gantung permanen secara swadaya, menggunakan sisa material jembatan gantung sebelumnya yang sempat diselamatkan.

Selain itu, warga pun urunan untuk menutupi pembelian kekuragan bahan yang ada. Namun, masih saja tak mencukupi sehingga pekerjaan dihentikan sampai mampu membeli kekurangan tali sling dan baut-bautnya.

“Alhamduillah, dibantu Pemkab HST,”ungkap warga lainnya. Di jelaskan, ada tiga jembatan gantung di Desa Baru, yang jaraknya cukup jauh. Ketiga jembatan menghubungkan ke Desa Batutunggal Kecamatan Hantakan itu rusak diterjang banjir.

“Yang dibangun swadaya masyarakat ini di antara Rt 07/08, yaitu jebatan gantug III. Jembatan gantung 2 sudah dibangunkan Daarut Tauhid Peduli dan Yayasan Bakrie Amanah dan sudah diresmikan 18 Agustus oeh AA Gym secara virtual. Sedangan satu jembatan lagi belum dibangun Kembali,”kata Toto.

Ketiga jebatan itupun sama-saa peting akse warga ke kebun dan bercocok tanam padi. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved