Breaking News:

Kalselpedia

KalselPedia, Sistem Kasir Satu Pintu Diterapkan di Si-Walk Kabupaten Kotabaru

Kalselpedia. Pusat jajan Siringlaut Walk (Si-Walk) Kabupaten Kotabaru terapkan pembayaran dari pengunjung di satu pintu sehingga pendapatan terpantau.

Penulis: Herliansyah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/HELRIANSYAH
KalselPedia. Pengunjung Siringlaut Walk (Si-Walk), pusat jajanan yang terletak di kawasan siring laut, Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kalselpedia. Kawasan Siringlaut-Walk (Si-Walk) di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, diresmikan pada bulan September 2020 atau hampir setahun yang lalu.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kotabaru, Khairian Anshari, sejak diresmikan, pengunjung cukup antusias pada Si Walk tersebut.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) pajak rumah makan sangat signifikan kenaikannya. Apalagi menggunakan sistem kasir satu pintu, sehingga pajak langsung terpisah dari setiap transaksi..

Lain dengan kondisi pandemi sekarang, berkurangnya pengunjung berdampak terhadap PAD. Namun, Khairian mendukung anjuran pemerintah terkait kondisi pandemi. 

Baca juga: KalselPedia - Masakan Khas Lokal Hingga Menu Nusantara Ada di Si-Walk Kotabaru

Meski begitu, Khairian meminta tetap ada kesadaran masyarakat. Untuk sementara, lebih baik di rumah. Terlebih adanya pembatasan-pembatasan karena kebijakan PPKM.

"Tentu berimbas kepada menurunnya jumlah pengunjung. Tapi sejauh ini, masih bisa diatasi oleh pedagang. Sebab sebagian juga berinovasi dengan menyediakan sistem delivery," katanya, Sabtu (28/8/2021). 

Menyinggung pembayaran kaair satu pintu, pun pihak Disparpora secara terus menerus mengingatkan bahkan memperingatkan pedagang untuk taat bentuk kontribusi terhadap peningkatan PAD. 

'Selain kami juga menyiapkan punishment, jika ditemukan ada yang tidak taat ketentuan bertransaksi tidak melalui kasir. Maka sanksinya pencabutan kontrak," pungkasnya. 

(Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved