Breaking News:

Berita Kalteng

Bersiap Jelang Evaluasi SAKIP dan RB 2021, Ini yang Dilakukan Pemkab Kapuas

Para pejabat Pemkab Kapuas lakukan pertemuan untuk bersiap menghadapi evaluasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi yang dimulai pada 7 September 2021.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Alpri Widianjono
PEMKAB KAPUAS
Bagian Organisasi Setda Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, saat mengadakan pertemuan secara virtual untuk berpersiap menjalani evaluasi SAKIP dan RB Tahun 2021. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mematangkan persiapan menjelang evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi.

Berbagai upaya dilakukan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas beserta Perangkat Daerah terkait yang ditunjukan sebagai sampel evaluasi.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kapuas, Ir Hery Setiawan, menyampaikan, evaluasi SAKIP dan RB telah diumumkan oleh Kemenpan RB pada 18 Agustus 2021.

"Evaluasi dimaksudkan untuk menilai perkembangan pelaksanaan reformasi birokrasi di Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dan memberikan saran perbaikan yang diperlukan," katanya, Senin (30/8/2021).

Pihaknya pun telah mengadakan pertemuan secara daring, guna melakukan beberapa persiapan.

Baca juga: Warga Dua Desa di Kabupaten Kapuas Ikuti Layanan KB dan Deteksi Kanker Serviks

Baca juga: Perjudian di Kalteng, Warga Pulang Pisau Main Dadu Gurak Diamankan di Kapuas Barat

"Dengan adanya pertemuan itu diharapkan adanya kesamaan pemahamaan serta wadah untuk tanya jawab dalam persiapan pelaksanaan evaluasi SAKIP dan RB Tahun 2021,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tatalaksana, Teguh Wahyuni, menyampaikan, fokus evaluasi SAKIP adalah unuk melihat efektivitas penggunaan APBN/APBD di sektor prioritas.

Khususnya, pemulihan kesehatan dan ekonomi akibat dampak Covid-19. Juga, refocussing program/kegiatan yang tidak berdampak bagi pencapaian sasaran kinerja utama Pemerintah Daerah.

"Sedangkan untuk fokus evaluasi RB adalah berkaitan dengan penyederhanaan birokrasi, Inovasi dalam pelayanan publik, manajemen SDM dan pengawasan serta tindak lanjut perbaikan peraturan/kebijakan yang dianggap menghambat investasi," terangnya.

Evaluasi SAKIP akan dilaksanakan dengan metode desk evaluation atau analissi dokumen oleh evaluator dimulai pada 7 September 2021.

Baca juga: Kabar Gembira, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Akan Buka Perkuliahan di Kapuas

Baca juga: Gedung Baru Unit Hemodialisa RSUD Kapuas Diresmikan, Sejak 2014 Banyak Bantu Pasien Gagal Ginjal

Sedangkan evaluasi RB akan dilaksanakan dengan metode In Depth Interview By Zoom untuk pendalaman serta wawancara secara daring pada tanggal 8 September 2021.

Hadir dalam pertemuan yang dilaksanakan secara daring yaitu 15 perangkat daerah sampel evaluasi SAKIP dan RB yang dipilih.

Itu berdasarkan perangkat daerah yang melaksanakan urusan pemerintahan terkait dengan kebijakan strategis nasional dan kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) serta isu strategis daerah.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved