Breaking News:

Berita Kapuas

Inspektorat Kabupaten Kapuas Akan Membentuk Unit Pengendalian Gratifikasi

Unit Pengendalian Gratifikasi yang akan dibentuk Inspektorat Kabupaten Kapuas akan dibantu Diskominfo dalam hal sosialisasinya kepada masyarakat.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Alpri Widianjono
DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS
Pertemuan jajaran Inspektorat dan Diskominfo Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, terkait rencana pembentukan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG), Senin (30/8/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Inspektorat Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, merencanakan membentuk Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG).

Itu dilakukan guna mewujudkan birokrasi yang bersih dan responsif terhadap pemenuhan hak dasar rakyat melalui reformasi birokrasi.

Diketahui, UPG merupakan unit kerja yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan pengendalian gratifikasi di lingkungan Pemkab Kapuas.

Gratifikasi adalah pemberian dalam arti luas, yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (diskon), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya.

Untuk itu, Inspektorat Kabupaten Kapuas juga ingin melakukan kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika untuk penanganan unit gratifikasi yang diamanatkan oleh KPK terhadap inspektorat.

Baca juga: Perjudian di Kalteng, Warga Pulang Pisau Main Dadu Gurak Diamankan di Kapuas Barat

Baca juga: Kabar Gembira, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Akan Buka Perkuliahan di Kapuas

Dengan Kominfo, Inspektorat akan bekerja sama dalam hal sosialisasi maupun publikasi ke publik.

Menurut Kepala Diskominfo Kapuas, Dr H Junaidi, pihaknya mendukung semua program Inspektorat.

Terlebih lagi berkenaan dengan pencegahan gratifikasi dan pihaknya menyambut baik kedatangan Kepala Inspektur dalam rangka menjalin kerja sama.

“Saya berharap agar program ini dapat tersosialisasikan dengan baik di seluruh masyarakat dan akan membantu serta mendukung sepenuhnya agar program ini bisa berjalan sesuai dengan harapan," ungkapnya, Senin (30/8/2021).

Sebelumnya, Inspektur Kabupaten Kapuas, Heribowo, mengatakan, dengan adanya kerja sama ini pihaknya berharap agar nantinya ketika ada pemberian yang sifatnya gratifikasi, bisa dilakukan ke UPG ke Inspektorat.

Baca juga: Gedung Baru Unit Hemodialisa RSUD Kapuas Diresmikan, Sejak 2014 Banyak Bantu Pasien Gagal Ginjal

Baca juga: Para Pelaku  Viral Goyang Dugem di Ambulans Kapuas Akhirnya Minta Maaf

Sehingga tindak lanjutnya akan di distribusikan kepada yang lebih berhak mendapatkan.

"Ke depan kami akan lebih intens kerja sama dengan Kominfo yang mana nantinya bisa memberikan penyuluhan-penyuluhan melalui media Diskominfo maupun lemba-lembaga yang ada ataupun media informasi lainnya sehingga lebih luas dan diketahui oleh masyarakat," bebernya.

Ia pun berharap ke depan Kabupaten Kapuas bisa terbuka dalam hal gratifikasi, pemberian-pemberian pihak lain kepada elemen pejabat yang ada di Kabupaten Kapuas. "Agar lebih terbuka dan transparan," ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved