Breaking News:

Berita HSU

VIDEO Lahan Pertanian Masih Dapat Suplai Air dari Polder Alabio Kabupaten HSU

Lima mesin di polder Alabio Kabupaten HSU dioperasionalkan bergantian setiap hari dengan kapasitas 1.200 liter air per detik mengairi lahan pertanian.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Rawa-rawa yang jadi lahan pertanian di Kecamatan Sungai Pandan dan Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, mendapatkan pasokan air.

Air yang mereka itu berasal dari polder Alabio Kabupaten HSU. Untuk lahan waton 1 sebagian sudah memasuki masa panen. Namun untuk waton dua masih sekitar satu hingga dua bulan lagi. 

Petugas operasional polder Alabio Kabupaten HSU, Suryadi, Minggu (29/8/2021), mengatakan, lima mesin dioperasionalkan secara bergantian setiap hari dengan kapasitas 1.200 liter air per detik.

Mengairi lahan menunggu permintaan dari Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). Kemudian, air disalurkan dan dialirkan menggunakan saluran dan diatur menggunakan pintu air.

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Kembali Dilaksanakan di HSU, ini Ketentuannya

Baca juga: PTM Terbatas HSU, SMPN 4 Amuntai Ketatkan Protokol Kesehatan, Siswa Hanya Diantar Sampai Pagar

"Saat ini masih ada yang meminta pasokan air, kami salurkan melalui saluran air dan diatur melalui pintu air.  Ppermintaan biasanya mulai berkurang, hingga tak ada permintaan lagi saat masuk penghujan," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Di polder Alabio Kabupaten HSU terdapat 5 mesin air yang digunakan untuk menyedot air dari alisan Sungai Negara untuk mengairi sekitar 6.000 hektare lahan pertanian.

Fasilitas ini berada di Desa Teluk Betung, Kecamatan Sungai Pandan, Kabupaten HSU. Merupakan pusat kontrol dari pengairan lahan pertanian.

Pihaknya selalu siaga dalam memenuhi keperluan petani untuk mendapatkan air di lahan pertanian.

Baca juga: Isolasi Terpusat di HSU Kalsel Oke Banget, Ada Tempat Karaoke dan Internet Gratis

Baca juga: VIDEO Jadi Mata Pencarian Warga, Halaman Rumah di HSU Difungsikan untuk Ternak Itik

Saat penghujan, pintu air yang ada, juga digunakan untuk mengatur agar debit air di lahan pertanian yang belum memasuki masa panen tidak terkena banjir.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved