Kriminalitas Tabalong

Penipuan di Kalsel, Tiga Ibu-ibu Gadaikan Mobil Pikap Sewaan di Kabupaten Tabalong

Penipuan di Kalsel. Tiga ibu-ibu gadaikan mobil pikap warga Rp 20 juta ke orang lain dan uangnya untuk bayar utang, semua ditangkap Polres Tabalong.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Penipuan di Kalsel. Kepala Polres Tabalong, AKBP Riza Muttaqin, didampingi Kasatreskrim, AKP Trisna Agus Brata, saat menggelar konferensi pers kasus dugaan menggadaikan mobil pikap sewaan yang melibatkan 3 orang ibu-ibu, Selasa (31/8/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Penipuan di Kalsel. Tiga orang ibu-ibu ditangkap Satreskrim Polres Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Para pelaku yang ditangkap, MR (42), RRA (28) dan NR (39), semuanya sama-sama mengaku warga Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalsel.

Keberhasilan pengungkapan ini disampaikan Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, didampingi Kasatreskrim, AKP Trisna Agus Brata, dalam konferensi pers, Selasa (31/8/2021).

Selain menghadirkan ketiga pelaku, dalam konferensi pers di halaman depan Polres Tabalong ini juga diperlihatkan barang bukti yang telah diamankan, mobil dan dokumen.

Kapolres AKBP Riza Mutaqqin, menyampaikan, dugaan penipuan dan penggelapan dengan cara menggadaikan  mobil pikap sewaan dilakukan ketiga pelaku secara berencana.

Baca juga: Gadaikan Mobil Sewaan, Pelaku Diamankan Polisi di Muara Uya Kabupaten Tabalong

Baca juga: Terlibat Penipuan Berkedok Gadai Mobil, Pria Tabalong ini Susul Rekannya Jalani Proses Hukum

"Korban diyakinkan kalau mobilnya ingin disewa dalam rangka pindahan rumah," katanya.

Diawali saat Jumat (23/7/2021) sekitar pukul 14.00 Wita, ketiga pelaku dan seorang saksi kepada pemilik mobil mengatakan akan menyewa mobil selama 1 hari atau 1x24 jam dengan uang sewa Rp 250 ribu.

Saat itu, dengan memberikan jaminan berupa KTP asli yang diakui pelaku RRA adalah KTP milik suami. Padahal itu dilakukan hanya untuk memperlancar terjadinya sewa. Sejatinya, KTP tersebut merupakan milik orang lain.

Kemudian setelah batas waktu sewa habis, Sabtu (24/07/2021) sekitar jam 14.00 Wita, pemilik mobil menghubungi pelaku RRA dengan maksud meminta agar mobil dikembalikan.

Namun pelaku RRA mengatakan kepada pemilik mobil akan memperpanjang selama 10 hari lagi.

Penipuan di Kalsel. Tiga ibu-ibu diduga menipu dan menggelapkan mobil pikap korbannya, kini diamankan di Polres Tabalong, Kalimantan Selatan, Selasa (31/8/2021).
Penipuan di Kalsel. Tiga ibu-ibu diduga menipu dan menggelapkan mobil pikap korbannya, kini diamankan di Polres Tabalong, Kalimantan Selatan, Selasa (31/8/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN)

Mendengar itu, pemilik memberikan keringanan uang sewa menjadi Rp 200 ribu per hari atau total uang sewanya menjadi Rp. 2 juta karena 10 hari.

Kemudian, Minggu (25/7/2021) sekitar pukul 16.00 Wita, pelaku NR bersama temannya malah menggadaikan mobil tersebut Rp 20 juta kepada warga Desa Malinau, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS),.

Bahkan, uang hasil gadai mobil Rp. 20 juta itu kemudian dibagi-bagi. Untuk pelaku MR dapat bagian Rp 4 juta yang digunakan untuk membayar utang dan modal usaha jual buah.

Pelaku RRA juga mendapat Rp 4 juta dan uangnya habis untuk membayar utang. Kalau pelaku NR juga dapat Rp 4 juta, habis pula untuk bayar utang.

"Setelah pendalaman, ada lagi dua orang lagi yang mendapat bagian juga," kata kapolres.

Baca juga: Dalangi Penipuan dengan Modus Gadai Mobil, Pria Balangan Diciduk Petugas Gabungan Polres Tabalong

Termasuk juga terkait orang yang diduga terlibat sebagai penadah, keterlibatan mereka ini masih dilakukan pendalaman.

Sementara itu, penangkan terhadap ketiga tersangka ini dilakukan Senin (23/8/2021). Diawali dari pelaku MR dan RRA.  Kemudian berlanjut Minggu (29/8/2021) penangkapan terhadap pelaku NR.

Barang bukti yang diamankan, mobil pikap merk Suzuki Carry tahun pembuatan 2013 warna putih beserta STNK dan BPKB, E-KTP asli dan kuitansi sewa tertanggal, Tanjung 26 Juli 2021.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved