Breaking News:

Air Terjun Tumaung di Kabupaten HST

VIDEO Wisata Kalsel, Petualangan Mengasyikkan di Air Terjun Tumaung Kabupaten HST

Wisata Kalsel. Menuju ke Air Terjun Tumaung perlu waktu hampir 1 jam berjalan kaki dari permukiman penduduk di Desa Pantai Mangkiling, Kabupaten HST.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Wisata Kalsel. Di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, ada satu air terjun yang belakangan mulai ramai dikunjungi.

Dikenal sebagai Air Terjun Tumaung, wisata alam ini berada di kawasan Pegunungan Meratus, wilayah Desa Pantai Mangkiling, Kecamatan Hantakan, Kabupaten HST, Provinsi Kalsel.

Menuju ke Air Terjun Tumaung perlu waktu hampir 1 jam berjalan kaki dari permukiman penduduk.  Jarak yang ditempuh mencapai 3,5 kilometer. Jalurnya, yakni kawasan pegunungan dan juga menyeberangi sungai.

Meski ada jalan yang bisa dilewati sepeda motor, namun juga tidak bisa sampai ke lokasi. Karena berjalan kaki, perlu menyipakan perbekalan yang cukup.

Baca juga: Wisata Kalsel, Tim Wisata P2M Sediakan Jasa Menuju Air Terjun Tumaung Kabupaten HST

Baca juga: Wisata Kalsel, Air Terjun Tumaung Bertingkat Tiga di Pantai Mangkiling Kabupaten HST

Namun sesampainya di lokasi, segala lelah dan keseruan dalam perjalanan terbayarkan oleh pemandangan alam nan mempesona.

Perjalanan rombongan dikawal penyedia jasa Wisata Pedalaman Pegunungan Meratus. Juga dipandu warga setempat, yakni Yuni (60), tokoh tetua di Desa Pantai Mangkiling.

Menurut Yuni, air terjun ini semakin diminati wisatawan berkat promosi para pecinta alam yang menyediakan jasa wisata.

Kemudian, Yuni menceritakan tentang kondisi alam setempat, apalagi pasca banjir beberapa waktu lalu yang membuat sebagian alam di kawasan Pegunungan Meratus mengalami kerusakan.

Baca juga: Wisata Kalsel, Seberangi Sungai dan Lewati Jalan Licin Menuju Air Terjun Tumaung HST

Namun, sebutnya, keindahan alam khususnya objek wisata di kawasan itu masih begitu terjaga.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved