Breaking News:

Berita Banjar

Warga Diajari Tim Pengabdian Perikanan ULM Olah Haruan Diproduksi Jadi Sosis dan Siomay

Tim pengabdian Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru, Ir Hj Siti Aisyah dan Ir Purnomo MP melakukan penyulu

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Edi Nugroho
Fakultas Perikanan ULM
warga Desa Sungai Batang diajari mengolah haruan menjadi Siomay dan Sosis. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU- Tim pengabdian Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru, Ir Hj Siti Aisyah dan Ir Purnomo MP melakukan penyuluhan dan demonstrasi pengolahan produk hasil perikanan dengan memanfaatkan Ikan Gabus (Channa striata) sebagai bahan baku siomay (dimsum) dan sosis (sausage).

Kegiatan pengabdian ke masyarakat itu dilaksanakan di Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, tepatnya di rumah mitra pengabdian, Mahrita sebagai ketua kelompok Mina Barakat yang diikuti 10 anggotanya.

"Kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi tugas dan kewajiban dosen untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yang salah satunya untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat," kata Ir Hj Siti Aisyah, dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM Banjarbaru, Selasa (31/8/2021)

Ditambahkan dia, antusiasme mitra anggota kelompok Mina Barakat untuk dapat mengaplikasikan pengetahuan baru yang diperoleh terlihat dengan interaksi yang berjalan dengan sangat baik dan keikutsertaan aktif peserta membuat produk siomay dan sosis selama kegiatan demonstrasi berlangsung.

Baca juga: Sarbani Senang PKM ULM Bantu Pengolahan Sosis Ikan Rawa di Desa Simpang Empat

Baca juga: Putri Persahabatan Kalsel Jihan Nur Azka Bantu Acara Temu Manajemen FEB ULM

Baca juga: BTalk, Akademisi FKG ULM Galuh Dwinta Sari Ajak Orangtua Beri Perhatian pada Anak yang Suka Marah

Baca juga: 15 Mahasiswa FISIP ULM Laksanakan KKN dan Bentuk KMSB Penanggulangan Bencana

"Semoga kegiatan serupa dapat terus berlangsung dan memberikan manfaat terutama bagi kelompok mitra pengabadian dan masyarakat sekitar," ucap Aisyah.

Terpisah, Ketua kelompok Bina Barakat, Mahrita mengatakan setelah ikan Gabus atau Haruan diolah menjadi sosis dan siomay, ternyata sangat enak.

"Kami sangat mendukung kegiatan yg dilakukan tim ULM, karena sudah dlatih membuat sosis dan siomay. Nantinya, apabila nanti ada hasil tangkapan yg tidak terjual, akan diolah menjadi sosis dan siomay," paparnya.

Mahrita juga mengucapkan terimakasih atas bantuan alat dan bahan. "Akan dimanfaatkn semaksimal mungkin untuk meningkatkan taraf ekonomi anggota," janjinya. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved