Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Kalsel Berlaku PPKM, Konsumsi Pertamax di Kalsel Naik 98 Persen, BBM Premium Turun Segini

Meski berlaku PPKM level 3 hingga 4, PT Pertamina Kalimantan mencatat adanya lonjakan konsumsi BBM khussunya Pertamax

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Petugas SPBU tengah melayani pengisian BBM, Rabu (1/9/2021). 

BANJARMASINBPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Meski berlaku PPKM level 3 hingga 4, PT Pertamina (Perseo) Marketing Operation Region (MOR) Kalimantan mencatat adanya lonjakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM), khususnya untuk produk dengan Research Octan Number (RON) tinggi yaitu Pertamax RON 92. 

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR Kalimantan Susanto August Satria, menyampaikan bahwa konsumsi produk Pertamax terus mengalami peningkatan. 

“Rerata harian konsumsi Pertamax terus mengalami peningkatan dari tahun 2020 sebesar 98.001 KL perhari menjadi 161.764 KL di periode tahun 2021 atau mengalami kenaikan sebesar 65 persen, " kata Susanto August Satria. 

Pihaknya optimis konsumsi Pertamax akan terus mengalami peningkatan karena saat ini semakin banyak masyarakat beralih ke produk bahan bakar berkualitas yang memberikan dampak nyata baik bagi kendaraan juga lingkungan.

Baca juga: Pasokan BBM di Kabupaten Tanahlaut Mengalir Lancar, Pertamax dan Pertalite Melimpah

Baca juga: Konsumsi BBM Jenis Ini Naik, Realisasi  PBB-KB di Kalsel Capai Rp 93 M

Baca juga: Ekspansi Bisnis BBM, Perusda Bangun Banua Rencanakan Bangun SPBU untuk ASN

Hal ini terbukti dari proporsi produk oktan tinggi yang semakin meningkat bila dibandingkan dengan produk lainnya. 

"Pada tahun 2020 proporsi Pertamax terhadap BBM gasoline lain adalah sebesar 7,9 persen. Angka tersebut kemudian bertambah pada tahun 2021 menjadi 12 persen dari konsumsi BBM gasoline secara keseluruhan," terang Satria, Rabu (1/9/2021).

Untuk di Provinsi Kalimantan Selatan konsumsi produk Pertamax dan Pertalite di tahun 2021 terhitung tumbuh cukup signifikan. 

Diuraikannya, untuk Pertamax meningkat hingga 98 persen dari tahun sebelumnya, sedangkan untuk produk Pertalite peningkatan sebesar 65 persen dari tahun sebelumnya. 

"Hal ini berbanding terbalik dengan konsumsi produk dengan oktan rendah Premium yang turun hingga 39 persen," urainya.

Satria juga menjelaskan Pertamax menjadi salah satu primadona bagi pengguna kendaraan jenis gasoline karena memiliki banyak keunggulan dan manfaat, tidak hanya untuk mesin kendaraa tapi juga bagi lingkungan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved