Breaking News:

Berita Balangan

Nantikan Insentif Berbulan-Bulan, Guru TPA di Teluk Bayur Terima Pencairan Tiga Bulan

Ungkapan sebagai bentuk syukur diutarakan oleh Guru TPA Ar Raudhah, Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Abidin.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Dokumentasi para siswa TPA Ar Raudah Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan bersama para guru dan KKN di TPA. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Ungkapan sebagai bentuk syukur diutarakan oleh Guru TPA Ar Raudhah, Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Abidin.

Setelah berbulan-bulan menantikan pencairan insentif, kini akhirnya ia menerima upah atas jasanya mengabdi untuk memberikan ilmu kepada murid TPA.

"Alhamdulillah dana insentif sudah cair untuk tiga bulan," ucap Abidin saat dihubungi Banjarmasinpost, Rabu (1/9/2021).

Bagi Abidin, insentif yang diberikan tentu sangat membantu untuk memenuhi kebutuhannya. Namun rupanya, pencairan yang diharapkan sekaligus delapan bulan, saat ini baru tiga bulan dibayarkan.

Baca juga: Kunjungi TPA Manggar Kota Balikpapan, Wabup Ingin Pengelolaan TPA Tanbu Lebih Efesien

Baca juga: Dengan TPA, Tanjung Power Indonesia Buat Anak Gemar Mengaji

Baca juga: Bupati Balangan Umumkan Keterlambatan Pembayaran Insentif Guru TPA dan Tahfidz

Baca juga: Menantikan Insentif, Enam Bulan Sudah Guru TPA di Balangan Tunggu Pencairan

Biasanya ucap Abidin, pencairan insentif dilakukan tiga bulan sekali. Baru tahun ini menanti delapan bulan, baru ada pencairan. Total yang diterima pun Rp 1,5 juta dengan hitungan perbulannya Rp 500.000.

Pencairan dana insentif diterima oleh Abidin via rekening. Bahkan ada rekening penerima yang pasif, sehingga perlu ke bank untuk kembali aktifasi agar uang bisa ditransfer kemudian diambil.

Lamanya pencairan insentif membuat Abidin merenungi nasibnya. Dimana, para guru TPA hanya bisa menunggu dan menunggu. Apalagi tak kalah hal ia syukuri, walau insentif lama dicairkan, namun para siswa tetap mendapat pembelajaran.

Pencairan dana insentif yang diberikan oleh pemerintah daerah Kabupaten Balangan yakni dikhususkan kepada guru TPA, kaum, dai keliling dan guru rumah tahfiz.

Perihal pencairan ini, Bupati Balangan, Abdul Hadi menerangkan, memang telah ada guru TPA, dai keliling, guru ngaji dan kaum yang sudah menerima insentif tersebut.

"Saat ini insentif memang sudah cair. Tapi pendataan belum selesai. Karena adanya desakan, sehingga kami cairkan," ucap Abdul Hadi.

Ke depan, pihaknya pun akan melakukan verifikasi data lagi dan menggunakan sistem pencairan via rekening masing-masing penerima. Hal itu ucap Abdul Hadi untuk menghindari adanya penyalahgunaan dana.

"Ke depan, pencairan insentif tidak lagi dalam bentuk cash. Terlebih ada isu yang kami dapat adanya pemotongan," beber Abdul Hadi.

Sebutnya, pencairan yang diberikan yakni sekitar lima bulan. Pihaknya pun akan terus melakukan koordinasi lagi untuk memastikan penerima insentif memang orang yang berhak.
(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved