Breaking News:

Berita Banjarmasin

Sandiaga Uno Minta Wisata Religi Sekumpul Kalsel Dikembangkan

Menperekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno, akan kerja sama dengan Pemprov Kalsel untuk memajukan wisata religi di Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MILNA SARI
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menperekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, memuji Provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki destinasi wisata religi berstandar internasional, Rabu (1/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menperekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, memuji Provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki destinasi wisata religi berstandar internasional.

Wisata yang dianggap bertaraf dunia tersebut adalah saat haul ulama karismatik, yakni Guru Sakumpul atau KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari di Kota Martapura, Kabupaten Banjar.

"Ini salah satu wisata religi terbesar di dunia, baik saat haul beliau mapun ziarah ke makamnya," ujar Sandiaga Uno saat kunjungan kerja ke Kalsel, Rabu (1/9/2021).

Sandiaga Uno sudah pernah berkunjung kawasan Sekumpul untuk mengikuti haul Abah Guru Sekumpul.

Dalam kunjungannya ke Kalsel, dia juga diagendakan mengunjungi Sekumpul, Kota Martapura, Kabupaten Banjar.

Baca juga: Kepala BI Kalsel Tekankan Hilirisasi Batu Bara untuk Memaksimalkan Nilai Ekonomis

Baca juga: VIDEO Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA Minta Pelaku Pungli Ekspor Supaya Dihajar

Dia mengatakan, Kalsel tidak hanya memiliki sumber daya alam yang kaya atau keindahan alamnya, tapi juga memiliki daya tarik wisata religi. Hal ini bisa jadi andalan yang mendunia.

"Ini akan kita kembangkan ke depan. Karena, wisatawan kita suka sekali wisata religinya ke Kairo atau ke Istanbul. Ini bisa kita arahkan ke Kalsel," ucapnya yang datang dengan mengenakan baju sasirangan.

Sehingga, ungkap dia, jika wisata religi di Kalsel dikemas dengan baik, maka kisaran 11 miliar dolar yang biasa dihabiskan wisatawan negeri ini ke luar negeri, bisa diarahkan ke Kalsel. "Sehingga, bisa menambah kesejahteraan masyarakat Kalsel," paparnya.

Hanya saja, tambahnya , hal yang perlu dikembangkan adalah lama kunjungan wisatawan ke Sekumpul dan kualitas kunjungan melalui belanja produk ekonomi kreatif masyarakat. 

"Tentunya, itu akan membangkitkan ekonomi kreatif dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," tambah dia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menperekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (1/9/2021).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menperekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (1/9/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/MILNA SARI)
Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved