Breaking News:

Atasi Rasa Takut Cuci Darah

Tips Atasi Rasa Takut Cuci Darah Alami Gagal Ginjal, Jangan Khawatir Kini Sudah Canggih

Inilah tips mengatasi rasa takut atau phobia untuk lakukan cuci darah.Cuci darah atau hemodialisis adalah prosedur untuk menggantikan fungsi ginjal.

Penulis: Mariana | Editor: M.Risman Noor
BANJARMASINPOST.CO.ID/AYA SUGIANTO
Bincang tentang cuci darah di Program BTalk hadirkan narasumber Dekan Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (UM) Banjarmasin, Solikin Ns MKep SpKep MB, dipandu jurnalis Banjarmasin Post, M Risman Noor, Selasa (31/8/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Inilah tips mengatasi rasa takut atau phobia untuk lakukan cuci darah.

Cuci darah atau hemodialisis adalah prosedur untuk menggantikan fungsi ginjal yang sudah tidak bisa bekerja dengan baik akibat kerusakan pada organ tersebut.

Prosedur cuci darah juga membantu mengontrol tekanan darah dan menyeimbangkan kadar mineral dalam darah, seperti kalium, natrium, dan kalsium.

Cuci darah menjadi salah satu solusi untuk bisa tetap sehat dan menjalani hidup bagi orang yang sudah mengalami kerusakan ginjal.

Baca juga: Konsumsi Rutin Setiap Hari, Khasiat Temulawak Bisa Mencegah Diabetes dan Obesitas

Baca juga: Cara Pengobatan Vitiligo, Melalui Terapi Maupun Obat Herbal & Ingat Ini Tak Menular

Namun mendengar cuci darah, banyak bayangan menakutkan menghantui seseorang yang sudah divonis gagal ginjal.

Terjadi phobia sehingga membuat lebih dulu trauma.

Dipaparkan narasumber BTalk Banjarmasin Post Bicara Apa Saja, Dekan Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Solikin Ns MKep SpKep MB,Paling sering phobia itu adalah setelah cuci darah akhirnya meninggal, seolah cuci darah tak ada gunanya.

Padahal ini bentuk ikhtiar dan umur itu rahasia Allah SWT. Bisa saja karena merasa sudah cuci darah kemudian gaya hidup dan pola makan tak terjaga, sementara metabolisme tubuhnya terganggu karena gagal ginjal. Akibatnya terjadi hal tak diinginkan.

Teknologi medis sekarang sudah canggih, jadi tak tak perlu fobia. Prosesnya aman dan banyak tenaga medis yang ahli di bidangnya.

Hemodialisa dilakukan jika fungsi regular ginjal sudah minimal atau tidak berfungsi lagi. Jadi dengan alat cuci darah itu fungsi ginjal digantikan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved