Breaking News:

Sport

World E-Kata Championship 2021, Tim Bina Satria Karate Club Bawa Tim Indonesia Raih Juara II

Tim Bina Satria Karate Club (BSKC) kembali berhasil membawa gelar internasional dalam event World E-Kata Championship di India

Penulis: Amirul Yusuf | Editor: Hari Widodo
Ahmad Zaki untuk BPost
Karateka Bina Satria Karate Club tengah berlatih jelang menghadapi World E-Kata Championship 2021. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Tim Bina Satria Karate Club (BSKC) kembali berhasil membawa gelar internasional dalam event World E-Kata Championship yang berlangsung mulai tanggal 12 hingga 25 Agustus 2021 di India.

Kejuaraan karate virtual ini diikuti oleh 9 negara yaitu India sebagai tuan rumah, Indonesia, Iran, Rumania, Uzbekistan, Sri Lanka, Zimbabwe, Filipina dan Nigeria.

Tim BSKC yang dikomandani langsung oleh sang pelatih Senpai Ahmad Zaki berhasil meraih 1 emas, 2 perak, dan 6 perunggu sekaligus membawa Indonesia secara keseluruhan sebagai Juara Umum II pada klasemen akhir.

Kejuaraan yang diikuti oleh 800 peserta ini merupakan kejuaraan yang cukup unik.

Baca juga: Pernah Menolak Berlatih Karate, Isna Nor Fahni Kini Menjadi Atlet Andalan HSS

Baca juga: VIDEO Piawai Melukis, Satpol PP Cantik Ini Ternyata Pemegang Sabuk Hitam Karate

Baca juga: VIDEO Perguruan Karate Shotokai Banjarmasin Selenggarakan Ujian Kenaikan Tingkat

Menurut Senpai Zaki, yang juga turun pada kelas Master Usia 35 Tahun keatas, kejuaraan kali ini memakai sistem penilaian dengan dua cara, yaitu perolehan like pada video yang dikirim serta penilaian dari dewan juri itu sendiri

"Maraknya trend kejuaraan karate dengan sistem virtual di saat pandemi ini mendorong kami untuk selalu memotivasi anak didik untuk bisa menambah pundi-pundi prestasi mereka, mulai dari kejuaraan lokal hingga internasional," ucapnya.

Di kesempatan berbeda, Ketua Umum SHOTO-KAI Provinsi Kalimantan Selatan, Shihan Marudut Tampubolon mengapresiasi pencapaian yang diraih oleh Tim BSKC besutan Senpai Ahmad Zaki ini.

"Luar biasa, saya sangat mengapresiasi pencapaian yang diraih oleh Tim BSKC ini dan semoga menjadi salah satu contoh bagi Pengurus Kabupaten/Kota yang ada di Kalsel untuk terus membangun dan mencetak karateka – karateka SHOTO-KAI berprestasi,"ungkap Marudut.

Menurutnya, perguruan SHOTO-KAI di Kalimantan Selatan sekarang ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Terbukti dengan bertambahnya pengurus-pengurus kabupaten/kota di Kalsel.

Kini perguruan SHOTO-KAI telah memiliki pengurus di beberapa Kabupaten/Kota seperti Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Batola, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.

"Diharapkan seluruh kabupaten/kota ke depannya bisa membangun perguruan dan membangun dojo – dojo lebih banyak lagi untuk bisa berkembang dan mencetak atlet-atlet berprestasi," harapnya.

Dari event World E-Kata Championship India 2021 tersebut, Tim BSKC meraih satu medali emas pada kelas Junior yang diraih oleh Rizki Padillah, dua perak diraih di kelas yang sama oleh Muhammad Fadil dan di kategori putri oleh Debby Yolanda Rosyana juga di kelas Junior.

Baca juga: Dojo Kayu Abang Tanahlaut Juara Umum Dua Open Tournament Kejurnas Karate Esa Unggul Cup 2

Kemudian enam medali perunggu diraih oleh Senpai Ahmad Zaki di kelas Master 35+, Abdul Kahar di kelas Junior Putra, Sheila Azzahra di kelas Sub Junior Putri, Ananda Nailaturrahmah di kelas Cadets, Lilis Dayanti dan Feby Hazna Aulyya Majid di kelas Junior Putri.

Berikut Klasemen Akhir Event World E-Kata Championship 2021
1. India (14 Emas, 10 Perak, 20 Perunggu)
2. Indonesia (3 Emas, 3 Perak, 6 Perunggu)
3. Iran (1 Emas, 1 Perak)
4. Rumania (1 Emas)
5. Uzbekistan (1 Perak, 1 Perunggu)
6. Srilangka (1 Perak, 1 Perunggu)
7. Zimbabwe (-)
8. Filipina (-)
9. Nigeria (-)

(Banjarmasinpost.co.id/Amirul Yusuf)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved