Breaking News:

Berita Balangan

Siring Ambruk di Area Taman Budaya Kabupaten Balangan Mulai Diperbaiki

Dinas PUPR Kabupaten Balangan mulai bangun siring di kawasan Gedung Taman Budaya, kompleks Garuda Maharam. Beberapa waktu lalu jebol akibat longsor.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Area yang longsor di kawasan Gedung Taman Budaya, Kompeleks  Garuda Maharam, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (3/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Longsor terjadi di satu area kawasan Gedung Taman Budaya, Kompeleks  Garuda Maharam, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Siring di kawasan Taman Budaya Balangan tersebut, beberapa waktu lalu telah ambruk. Kerusakannya terjadi sejak 2020. Kian parah saat penghujan. Bekas bangunan penopang itu pun tertimbun tanah longsor. 

Kondisi alam ditengarai berpengaruh besar terhadap kerusakan siring. Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas PUPR Balangan, Rahmadiah, Jumat (3/9/2021).

"Kondisi alam dan adanya curah hujan yang cukup tinggi diduga menjadi penyebab jebolnya siring di area Taman Budaya," ucapnya.

Baca juga: Dianggap Lebih Nyaman, Jalan Desa Bungin di Balangan yang Rusak Kini Diuruk Batu

Baca juga: Nantikan Insentif Berbulan-Bulan, Guru TPA di Teluk Bayur Terima Pencairan Tiga Bulan

Baca juga: Antusias Warga Balangan Tinggi, Target Vaksinasi 50 Warga di Puskesmas Paringin Sukses Tercapai

Baca juga: Dirikan Perusda Perdagangan Karet, Bupati Balangan Lengkapi Persyaratan

Sedangkan mengenai tanah yang longsor, menurutnya, tidak membahayakan terhadap bangunan Taman Budaya Balangan. Meski begitu, kerusakan yang terjadi, segera diperbaiki. 

Diketahui, siring yang dibangun di kawasan Gedung Taman Budaya Balangan ini berdiri sejak 2018. Sejumlah pemeriksaan terhadap proyek tersebut telah dilakukan, termasuk audit oleh BPK. 

Kini, penanganan terhadap siring yang jebol mulai dilakukan. Rencana yang ada, pembuatan siring akan lebih diperkuat. Konstruksinya akan mengikuti kondisi medan di lokasi.

Pada tahapan perbaikan, bahan bangunan telah diletakkan di area proyek. Selain itu, dipasang papan pemberitahuan bertuliskan hati-hati ada pekerjaan proyek.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved