Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

VIDEO Menteri Sandiaga Uno Mengenakan Jaket Sasirangan Produk Komuntias Penjahit Kalsel

Pelaku usaha UMKM Rumah Kreatif dan penjahit binaan GKN Kalsel memproduksi jaket sasirangan yang dikenakan Menteri Sandiaga Uno saat di Banjarbaru

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Selama pandemi banyak UMKM yang terpuruk. Namun, banyak juga yang tidak menyerah dengan keadaan dan mampu bertahan.

Seperti halnya pelaku usaha UMKM Rumah Kreatif dan binaan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Terkini, Rumah Kreatif bersama GKN Kalsel menggarap pembuatan 400 jaket berbahan kain sasirangan khas Kalsel.

Salah satu jaket sasaringan itu dikenakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, saat ke Kampung Purun di Kota Banjarbaru, Kalsel, Kamis (2/8/2021).

"Pak Menteri berpesan, di masa pandemi ini jangan menyerah, terus berusaha agar tetap bisa eksis," ucap Siti Isnaniah Haryani alias Isna Alib, Ketua DPD GKN Kalsel, kepada Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (4/9/2021).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Banjarbaru, Sebelum Divaksin, Ibu Hamil Wajib Konsultasi Terlebih Dahulu

Baca juga: Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Awasi Pemilu, Bawaslu Kalsel  MoU Bersama FH Uniska MAB

Mengerjakan pesanan 400 jaket itu, Isna mengatakan, mengumpulkan penjahit pemula di Kalsel. Mereka dilatih menjahit oleh para mentor yang difasilitasi Rumah Kreatif.

"Kegiatan ini memberi kepercayaan kepada para penjahit pemula. Mereka tak hanya mendapat pelatihan menjahit tapi juga sekaligus mendapat pekerjaan," imbuhnya.

Sementara itu, Siti Muawanah, seorang penjahit pemula, mengatakan, awalnya tidak bisa menjahit. Namun berkat kesabaran mengikuti pelatihan akhirnya berani memulai dan bahkan mampu menyelesaikan jahitan.

"Alhamdulillah, tak mengira, akhirnya saya bisa menjahit. Ini keterampilan yang bisa menjadi pekerjaan bagi saya," ucapnya dengan nada penuh syukur. 

Hal sama dinyatakan penjahit pemula lainnya, Laila Yusitia Ariani, merasa sangat senang karena mendapat keterampilan baru yang bisa menjadi modal usaha.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, saat menerima mengenakan jaket sasirangan yang merupakan produksi dari hasil kolaborasi UMKM Rumah Kreatif dan pelaku usaha binaan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Kalimantan Selatan (Kalsel), saat kunjungan ke Kampung Purun Kota Banjarbaru  Kamis (2/9/2021).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, saat menerima mengenakan jaket sasirangan yang merupakan produksi dari hasil kolaborasi UMKM Rumah Kreatif dan pelaku usaha binaan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Kalimantan Selatan (Kalsel), saat kunjungan ke Kampung Purun Kota Banjarbaru Kamis (2/9/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/SITI BULKIS)

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved