Breaking News:

Amalan Bulan Safar

DAFTAR Amalan dan Ibadah Sunah di Bulan Safar 1443 H atau Bulan Suro, Zikir Hingga Shalat Sunnah

Tiga hari lagi memasuki bulan Safar. Berikut ini 18 Amalan dan Ibadah Sunnah di Bulan Safar 1443 H.

Editor: Anjar Wulandari
tribunkaltim.com
Amalan Bulan Safar 1443 Hijriyah. DAFTAR Amalan dan Ibadah Sunah di Bulan Safar 1443 H atau Bulan Suro, Zikir Hingga Shalat Sunnah 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tiga hari lagi memasuki bulan Safar. Seperti diketahui, tanggal 8 September 2021 merupakan 1 Safar 1443 Hijriyah.

Bulan Safar biasanya identik dengan kesialan. Bahkan banyak orang yang meyakini bulan Safar atau Bulan Suro --sebutan dari orang-orang Jawa, sebagai bulan yang penuh bencana, musibah, kenahasan, dan sebagainya.

Meskipun hal itu hanya mitos yang sangat diyakini sebagian besar umat Islam Indonesia, namun pada kenyataannya bulan Safar tetaplah seperti bulan-bulan lainnya.

Walau begitu, tak ada salahnya kita sebagai umat Islam selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT terhadap segala macam musibah. Sebab, musibah bisa terjadi kapan saja, tak hanya di bulan Safar.

Baca juga: Mitos Bulan Safar Bulan Sial, Ini Amalan Dianjurkan Memasuki Bulan Kedua Hijriyah Sesudah Muharram

Baca juga: Mitos Safar sebagai Bulan Sial dan Penjelasannya dalam Islam, Dilengkapi 18 Amalan di Bulan Safar

Berikut ini 18 Amalan dan Ibadah Sunnah di Bulan Safar 1443 H.

1 Safar 1443 H jatuh pada 8 September 2021. Di kalender Hijriyah, Bulan Safar adalah bulan kedua setelah Muharram. Beberapa orang meyakini bahwa Bulan Safar merupakan bulan bala yang mendatangkan banyak kesialan.

Banyak yang melaksanakan amalan-amalan atau ibadah sunah tertentu guna menghindari bala yang dipercaya jatuh di Bulan Safar. Misalnya saja membuat kenduri, berpuasa, mandi Safar, dan masih banyak lainnya.

Dalam ajaran Islam, tidak ada yang namanya bulan sial. Pada dasarnya, semua bulan itu sama dan tidak memiliki keburukan. Sama halnya dengan datangnya Bulan Safar.

Jikapun terdapat musibah maka itu adalah ujian dari Allah Ta’ala. Sebagaimana dipaparkan dalam Al Quran:

“Sekali-kali tidak akan menimpa Kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah pelindung Kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal.” (QS. At-Taubah: 51 ).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved