Breaking News:

Berita Banjarmasin

Gelar Pengawasan TKA, Kakanwil Kemenkumham Kalsel dan Timpora Sambangi Sejumlah Perusahaan

sejumlah perusahaan yang mempekerjakan orang asing di Kalsel menjadi target sasaran pengawasan oleh Timpora Kalsel.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
Kanwil Kemenkumham Kalsel
Kakanwil dan Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel bersama Timpora Kalsel melakukan pengawasan TKA di sejumlah perusahaan di Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Medukung dan memperkuat peran serta tugas Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kalimantan Selatan (Kalsel), Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Tejo Harwanto turut terjun langsung laksanakan pengawasan di lapangan.

Rangkaian pengawasan Timpora yang dikomando oleh Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel dan berisi komponen lain seperti TNI-Polri, Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Daerah Wilayah I, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi serta stakeholder lainnya ini dilaksanakan sejak Selasa (2/9/2021).

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Tejo Harwanto Minggu (5/9/2021) mengatakan, sejumlah perusahaan yang mempekerjakan orang asing di Kalsel menjadi target sasaran pengawasan oleh Timpora Kalsel.

Termasuk perusahaan produsen plywood yaitu PT Basirih Industrial dan fasilitas produksi milik perusahaan produsen rotan yaitu PT Chen Xin di Banjarmasin, Kalsel.

Baca juga: ANBK Digelar September ini, Kadisdikbud Kalsel: Siswa Tak Perlu Persiapan

Baca juga: 84 WNA di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin Diawasi TIMPORA

Tujuannya kata Tejo untuk melakukan pengawasan terkait tugas dan fungsi keimigrasian, khususnya di bidang penegakan hukum terhadap tenaga kerja asing yang berada di Banua.

Tejo bersama Kepala Divisi (Kadiv) Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel, Teodorus Simarmata dan komponen Timpora Kalsel lainnya secara seksama memeriksa data kepegawaian khususnya dokumen keimigrasian tenaga kerja asing sekaligus melihat teknis alur kerja di masing-masing perusahaan tersebut.

Teo sapaan akrab Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel mengatakan, selain pengawasan, Timpora Kalsel juga sekaligus melakukan sosialisasi dan pendampingan terhadap manajemen perusahaan agar tetap melaksanakan prosedur yang benar khususnya terkait keimigrasian tenaga kerja asing yang dipekerjakan.

Baca juga: Ini Kronologis Temuan Mayat di Kalibesar, Saat Hendak BAB Mukhtar Kaget Lihat  Tubuh Mengapung

Baca juga: Dinas Kesehatan Kabupaten Tanahlaut Gelar Vaksinasi Moderna untuk Umum, Begini Respons Warga

"Dengan dilaksanakannya operasi gabungan ini, diharapkan keberadaan dan kegiatan orang asing di Kalsel dapat diawasi dengan baik, serta terjalin sinergi dan koordinasi yang baik antar instansi pemegang tugas dan fungsi pengawasan tenaga kerja asing di Kalsel," kata Teo.

Dari data milik Kanwil Kemenkumham Kalsel, hingga Bulan September Tahun 2021 ini tercatat ada sebanyak 227 tenaga kerja asing yang ada di Kalsel, dimana 21 pekerja asing serta 5 investor asing berada di Kota Banjarmasin.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved