Breaking News:

Berita Banjarmasin

Rangkaian Vaksinasi Merdeka, Polda Kalsel Siapkan 11.400 Dosis Vaksin Covid-19 

Polda Kalsel ikut berpartisipasi dalam vaksinasi merdeka dan menyiapkan 11.400 dosis vaksin

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
Humas Polda Kalsel untuk BPost
Karo Ops Polda Kalsel, Kombes Pol Nur Subchan mewakili Kapolda Kalsel memantau pelaksanaan kegiatan Vaksinasi Merdeka di Banjarmasin, Senin (6/92/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) turut mengambil peran dalam pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Serentak yang dilaksanakan di Gereja Katedral, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalsel, Senin (6/9/2021).

Dimana dalam vaksinasi massal yang digelar bersama Staf Khusus Presiden RI ini, Polda Kalsel menyuplai tak kurang dari 1.000 dosis vaksin. 

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto diwakili Karo Ops, Kombes Pol Nur Subchan yang turut hadir mengatakan, meski menargetkan sasaran vaksinasi yang besar namun pelaksanaan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Yaitu di antaranya dengan pengaturan jadwal waktu kedatangan dan pemberian vaksin dan pengaturan jarak dalam tahapan registrasi dan penyuntikan vaksin. 

Baca juga: Laju Suntikan Vaksin Covid-19 di Indonesia Meningkat 10 Juta Per 10 Hari

Baca juga: Dinkes Banjarmasin Jamin Tidak Ada Vaksin Covid-19 yang Terbuang Percuma

Baca juga: Polres Tapin Gelar Vaksinasi Merdeka di Pondok Pesantren Assunniyah Tambarangan

Melihat banyaknya jumlah peserta vaksinasi yang hadir baik dari kalangan lansia sampai anak muda, Kombes Pol Nur Subchan mengapresiasi begitu tingginya antusiasme masyarakat Kalsel khususnya kali ini Kota Banjarmasin untuk berpartisipasi dalam vaksinasi Covid-19. 

Menurutnya, Vaksinasi Merdeka merupakan upaya untuk mempercepat pencapaian vaksinasi di tanah air, khususnya di wilayah Kalsel.

"Vaksinasi Merdeka ini berlangsung dari tanggal 6 hingga 15 September 2021. Lanjutannya akan digelar di enam Pondok Pesantren, satu masjid, satu Gereja dan satu Perguruan Tinggi atau Universitas dengan dosis vaksin yang disiapkan sebanyak total 11.400 dosis," kata Karo Ops. 

“Semoga kegiatan berjalan lancar tidak terjadi kerumunan, stok vaksin ada dan tidak kurang,” lanjutnya. 

Kabiddokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr Ubaidillah menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan Vaksin Merdeka Serentak di Katedral Banjarmasin, total 917 orang berhasil divaksinasi. 

Dari jumlah tersebut, mayoritas yaitu 879 orang divaksin Covid-19 dosis pertama, sedangkan sisanya 38 orang divaksin dosis kedua. 

"Vaksin hari ini menggunakan vaksin Sinovac," terang Kabiddokkes ditemui di sela pelaksanaan vaksinasi yang juga dihadiri oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina ini. 

Baca juga: CARA Daftar Vaksin Covid-19 Online di PeduliLIndungi dan vaksin.loket.com

Sedangkan ada pula 46 orang yang ditunda pemberian vaksin karena sejunlah alasan kesehatan seperti mengalami hipertensi, masih dalam masa penyembuhan pasca menderita Covid-19 dan mengidap asma.

Dalam pelaksanaannya, teknis vaksinasi dilakukan oleh vaksinator gabungan dari Personil Bidokkes Polda Kalsel dan RS Bhayangkara Banjarmasin dibantu sejumlah tenaga kesehatan dari Polresta Banjarmasin dan relawan dari perguruan tinggi, RSUD dan RS swasta di Banjarmasin serta dari sejumlah puskesmas di Banjarmasin.  (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved