Breaking News:

Berita Banjarmasin

Masih Berstatus Level 4, Wali Kota Banjarmasin Terapkan PPKM Rasa Level 3

Status PPKM Level 4 Banjarmasin masih berlanjut. Wali Kota Banjarmasin menegaskan ikuti instruksi pusat. Namun dengan pelonggaran-pelonggaran

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Keinginan Pemko Banjarmasin untuk segera keluar dari status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 belum bisa terwujud.

Meskipun Pemko Banjarmasin khususnya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah melakukan evaluasi dan mengklaim berada di PPKM Level 3, namun Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) menetapkan Banjarmasin masih berstatus PPKM Level 4.

Pasalnya Banjarmasin termasuk dalam 23 kabupaten kota yang berstatus PPKM Level 4, dan akan berlaku hingga 20 September 2021.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina pun tetap mengklaim bahwa Banjarmasin sebenarnya berstatus PPKM Level 3.

Baca juga: PPKM Level 4 Banjarmasin Berlanjut, STIHSA Tunda Kuliah Tatap Muka Awal Tahun Ajaran Baru

Baca juga: Pemko Banjarmasin Berharap Turun ke Level 3, Ternyata Malah Tetap PPKM Level 4

Baca juga: Resmi, Tiga Daerah di Kalsel Masuk PPKM Level 4 Jilid 4

Untuk itulah dirinya pun mengaku cukup kaget ketika mengetahui Banjarmasin ternyata masih masuk dalam status PPKM Level 4.

"Sebenarnya kita sudah melakukan evaluasi juga sejak 30 Agustus 2021 sampai September ini pun masih di level 3. Yang mengejutkan pengumuman tadi malam Banjarmasin masuk dalam 23 kabupaten kota yang berada di level 4. Dan data yang ada pun sepertinya sama," ujar Ibnu, Selasa (7/9/2021).

Meskipun demikian, Ibnu pun menegaskan bahwa pihaknya pun akan mengikuti instruksi dari pemerintah pusat.

"Tidak ada ruang untuk kita melakukan protes. Dan kita tidak mengambil keputusan berbeda. Mungkin ada berbagai pertimbangan, misalnya agar kasus Covid-19 benar-benar landai," jelasnya.

Ditambahkan juga oleh Ibnu, menyikapi pengumuman tersebut maka pihaknya pun akan melanjutkan PPKM Level 4 yang sudah berjalan sekitar satu bulan ini.

Apalagi lanjutnya penerapan PPKM Level 4 di Banjarmasin sudah berasa PPKM Level 3, karena adanya pelonggaran-pelonggaran di sektor ekonomi.

Baca juga: Imbas PPKM level 4, Hunian Hotel di Kalsel Masih Terpuruk

"Memang statusnya PPKM Level 4 tapi sudah dengan pelonggaran di sektor ekonomi, dan ini sebenarnya sudah masuk di PPKM Level 3. Jadi kita akan pertahankan saja itu," bebernya.

Disinggung apakah akan melakukan penyekatan-penyekatan kembali pada penerapan PPKM Level 4 berikutnya ini, Ibnu pun masih belum memastikan.

"Kita akan koordinasikan lagi dengan Forkopimda," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Keterangan foto (frans) : Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved