Breaking News:

Berita Banjarmasin

Nuansa Etnik Ansable Bawakan Lagu Banjar Secara Mashup

Ada yang beda penampilan musik Nuansa Etnik Ansable Banjarmasin yang dipercaya tampil di acara Jalur Rempah oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Edi Nugroho
Banie
Nuansa Etnik Ansable Banjarmasin berfoto usai syuting Jalur Rempah. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ada yang beda penampilan musik Nuansa Etnik Ansable Banjarmasin yang dipercaya tampil di acara Jalur Rempah oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Dari lima lagu Banjar yang dibawakan, menariknya ada lagu yang di mashup.

"Lagu yang di mashup itu merupakan terobosan baru untuk perkembangan musik di Kalsel," kata M Mahfuz Sya'bani, SPd, composer Nuansa Etnik Ansable Banjarmasin, Selasa (7/9/2021).

Dijelaskan Banie, panggilan akrabnya, Mashup disini yaitu menggabungkan dua lagu. Biasanya orang me medley lagu saja

"Nah ini menggabungkan arransement dan lagu, yang kami mashup atau gabungkan. Ada pun lagu yang di mashup nanti berjudul Ampar-Ampar Pisang dan Paris Barantai ciptaan Anang Ardiansyah dan Hamiedan AC dengsn vokal Rezki & Ersya," jelasnya.

Baca juga: Lama Vakum Nyanyi, Mantan Galuh Cilik Jajal Lomba Lagu Banjar

Baca juga: Penyanyi Banua ini Luncurkan Lagu Banjar di Youtube,  Judulnya Jodoh Ditangan Tuhan

Baca juga: Penyanyi Banua Ini Luncurkan Single Lagu Banjar Teranyar, Lagu Mangganang Bisa Ditonton Youtube

Baca juga: Padukan Musik Pop dan Koplo, Tommy Kaganangan Luncurkan Sangkal, Single Lagu Banjar Terbaru

Menurut Bani, di lagu masup ini tidak sulit bagi penyanyi membawakan lagunya, cuma meracik arransementnya yang sulit, karena mesti menggabungkan musik tradisional Panting dan Gamelan Banjar.

"Jadi bentuk penyajiannya nanti, musik etnik kolaborasi tradisional panting dan gamelan Banjar," tandasnya.

Selain lagu di atas, jelas Banie ada empat lagu Banjar yang dibawakan nanti yakni Nasi Astakona, ciptaan. I'im Djanuari dengan vokal Ersya.

Lalu, lagu Panginangan Ciptaan H Anang Ardiansyah dibawakan Fitria, Selamat Datang Di Banjarmasin Ciptaan H Noorhasan dinyanyikan Rezky dan Ersya.

Sementara itu pemain musik Nuansa Etnik Ansamble terdiri Awan memainkan Panting Pembawa, Farid (Panting Mandolin), Fitra (Suling/Flute), Rasyid (Babun), Fajar (Kenong), Azimi (Sarun), Abdurrasyid (Biola), Ahim (Bass) dan Vikrom (Perkusi).

Selain itu, di acara Jalur Rempah ini juga menampilkan madihin, mamanda, musik etnik dan tari.

Dijelaskan Banie, acara Jalur Rempah ini tidak ditampilkan secara langsung. Jadi, kami pun melakukan syuting saja dengan mengambil spot Mural Gamelan Banjar di Belakang Panggung Bakhtiar Sanderta, UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel," tegasnya. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved