Breaking News:

Berita Tanahbumbu

VIDEO Polda Kalimantan Selatan Sita Pabrik dan Lahan Sawit di Kabupaten Tanbu

Lahan, pabrik, kendaraan, alat berat PT Ladangrumpun Suburabadi di Desa Bayan Sari, Kecamatan Angsana disita Polda Kalsel karena di masuk awasan hutan

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan penyitaan sejumlah aset PT Ladangrumpun Suburabadi.

Upaya dari polda tersebut di wilayah Desa Bayan Sari, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalsel, Selasa (7/9/2021).

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel, Kombes Suhasto, melalui Kasubdit IV Tipidter, AKBP Tri Hambodo, mengatakan, penyitaan merupakan rangkaian dari langkah penanganan penyidikan. 

Sejumlah aset PT Ladangrumpun Suburabadi yang usahanya bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit ini diduga berada di kawasan hutan. 

"Hari ini kami melakukan penyidikan berupa upaya paksa penyitaan dan penggeledahan terhadap objek yang dipersangkakan. Pelanggarannya, menggunakan dan atau menduduki kawasan hutan tanpa ada dokumen serta izin," beber AKBP Tri Hambodo.

Baca juga: Dua ABK WNA Dievakuasi dari Atas Kapal di Tanbu, Satu Meninggal dan Satu Sakit

Baca juga: Jalan Putus Akibat Banjir, Jembatan Darurat Dibangun di Desa Lasung Kabupaten Tanbu

Sebelum dilakukan penyitaan, penyidik Ditreskrimsus Polda Kalsel bersama ahli telah melakukan pengukuran. Hasilnya, sejumlah aset PT Ladangrumpun Suburabadi berada di atas kawasan hutan. 

Aset yang disita, pabrik pengolahan kelapa sawit, sejumlah alat dan kendaraan operasional kebun, serta lahan perkebunan kelapa sawit PT Ladangrumpun Surabadi. 

Meski pabrik pengolahan kelapa sawit dengan output crude palm oil (CPO) tersebut tidak beroperasi, namun karyawan yang masih berada di lokasi diminta untuk meninggalkannya.

Setelah area pabrik dikosongkan dan pagar ditutup, petugas membentangkan garis polisi serta baliho berisi pemberitahuan penyitaan di depan pabrik berkapasitas pengolahan 60 ton per jam tersebut. 

Selain itu, garis polisi juga dibentangkan mengelilingi sejumlah alat dan kendaraan operasional PT Ladangrumpun Suburabadi.

Sejumlah kendaraan angkut dan alat berat operasional kebun dan pabrik sawit PT Ladangrumpun Suburabadi di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan, disita dan dipasangi garis polisi, Selasa (7/9/2021).
Sejumlah kendaraan angkut dan alat berat operasional kebun dan pabrik sawit PT Ladangrumpun Suburabadi di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan, disita dan dipasangi garis polisi, Selasa (7/9/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/ACHMAD MAUDHODY)

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved