Breaking News:

Berita Banjarmasin

Dapat Tambahan Armada, Dishub Kalsel Rencanakan Aktifkan Koridor Baru BRT Banjarbakula

Kalsel bakal mendapatkan tambahan Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Kadishub Kalsel Rusdiansyah mengatakan, Kalsel mendapatkan tambahan bantuan armada BRT, Rabu (8/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mendapatkan tambahan armada untuk realisasi Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Selain bantuan armada, Kemenhub bahkan rencananya akan menanggung biaya operasional.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel, Rusdiansyah mengatakan, Kalsel masuk dalam beberapa kota yang mendapat bantuan BRT hingga biaya operasionalnya yang ditanggung.

Untuk operasional BRT yang dibantu oleh Kemenhub ini telah dibayarkan selama satu tahun.

Baca juga: Rekrutmen Sopir BRT Ditunda karena Covid-19. Begini Penjelasan Dishub Kalsel

Baca juga: Dishub Kalsel Batasi Penumpang BRT Banjarbakula untuk Cegah Covid-19

Baca juga: VIDEO Sopir Angkot Kuning Curhat, Keluhkan Kahadiran BRT Banjarmasin

Tentunya hal ini sangat meringankan Pemprov Kalsel karena langsung bersumber dari dana pemerintah pusat. 

"Jadi ada penambahan kota yang mendapat bantuan BRT dari pemerintah termasuk Kalsel, Inshaallah realisasinya di akhir tahun 2021 atau paling lambat di 2022," ujarnya saat ditemui di DPRD Kalsel di Banjarmasin Rabu (8/9/2021) 

Rusdi menambahkan, saat ini BRT yang beroperasional  masih di satu titik yakni di Koridor 1 jalur Banjarmasin-Banjarbaru sedangkan lima Koridor masih belum difungsikan. 

"Kita belum mengetahui apakah enam koridor sekaligus yang nanti beroperasional, tergantung Kemenhub, mudah-mudahan bantuan nanti bisa untuk enam koridor sekaligus," jelasnya.

Penambahan koridor armada BRT ini lanjut Rusdiansyah melihat antusias masyarakat yang mengalami peningkatan kebutuhan alat transportasi jenis Bus.

BRT Banjarbakula mempunyai 5 Koridor, untuk Koridor 1 dari Banjarmasin - Banjarbaru melewati via gambut, Koridor 2 dari  km 17 arah Martapura lewat jalan trikora, Koredor 3 dari km 6 Banjarmasin ke handil bakhti.

Kemudian, Koridor 4 dari km 17 ke trisakti lewat jalan Gubernur Subarjo. Dan Koridor 5 dari terminal gambut barakat ke Tanah Laut lewat jalan bentok.

Saat ini hanya satu koridor yang beraktivitas. Sementara untuk keperluan bus seharusnya mencapai 38 armada, namun yang ada dan berjalan hanya 9 bus, ditambah 2 armada bus melayani bandara Syamsudin Noor.

Baca juga: Halte Bus BRT Didirikan di Jalur Khusus untuk Penyandang Difabel, Dishub Janji Akan Bongkar

Semakin tinggi pelayanan transportasi, waktu tunggu penumpang akan semakin singkat, dikarenakan banyaknya warga yang menggunakan BRT.

Adapun untuk bantuan ini berasal dari program Buy The Service pada tahun 2020 yang diluncurkan Kemenhub melalui Direktorat Jendral Perhubungan. (banjarmasinpost.co.id/milna sari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved