Berita Batola

Festival Muharram Batola 2021 Resmi Ditutup, Bupati Berharap Jadi Sarana Kembangkan Kesenian Islam

Festival Muharram 1443 H di Kabupaten Barito Kuala (Batola) resmi ditutup Bupati Barito Kuala Hj. Noormiliyani

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/muhammad tabri
Bupati Batola Hj Noormiliyani saat menyerahkan piala para pemenang Festival Muharram 1443 H, di Gedung Serba Guna Marabahan, Rabu (8/9/2021) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Festival Muharram 1443 H di Kabupaten Barito Kuala (Batola) resmi ditutup Bupati Barito Kuala Hj. Noormiliyani di Gedung Serbaguna Marabahan, Rabu (8/9/2021) siang. 

Festival yang sudah berlangsung sejak Senin 6 September ini akhirnya ditutup setelah berhasil menyelenggarakan Festival yang direncanakan akan menjadi agenda tahunan.

Berlangsung secara terbatas, seluruh peserta maupun panitia diwajibkan mengenakan masker serta menjaga jarak. Terdapat tiga cabang yang diperlombakan yakni sinoman hadrah, Maulid Habsy dan Fahion Show. 

Untuk juara pertama sinoman hadrah yaitu kelompok An-Nur dari Anjir Muara; juara dua kelompok Ar-Rahman dari Belawang; dan juara tiga kelompok Al-Fata dari Tabunganen.

Baca juga: Resmi Digelar, Festival Muharram Batola 2021 Hanya Perlombakan Tiga Cabang

Baca juga: Tak Lama Lagi Safar 1443 H Tiba, Benarkah Bulan Panas dan Simak Seputar Bulan Sesudah Muharram Ini

 Maulid Habsy putri dimenangkan kelompok Baratas Syarifah dari Alalak; juara dua kelompok Raudatul Syarifah dari Tabunganen; juara tiga kelompok Asyafa’ah dari Mekar sari. 

Sedangkan Maulid Habsy Putera dimenangkan Karamulluawajhah dari Marabahan; juara dua dimenangkan kelompim Al-Ihwan dari Alalak; dan juara tiga kelompok Al Mubarak dari Barambai. 

Sementara itu untuk lomba fashion show terbagi menjadi dua kategori dengan pemenang kategori A adalah Dea Oktavia sementara juara kategori B Naima Desira Syahrani. 

Dalam sambutannya Bupati Barito Kuala Hj. Noormiliyani berharap pelaksanaan Festival ini dapat memberikan sarana bagi generasi muda Islam untuk mengembangkan kesenian bernuansa Islami. 

“Melalui kegiatan ini saya berharap dapat membangun benteng yang kuat dan kokoh bagi generasi muda agar terhindar dari pengaruh pergaulan negatif, “ ungkap Noormiliyani. 

Baca juga: Sambangi Beberapa Desa di Tabalong, KS2 Targetkan Kegiatan Muharram Bersama 1.000 Yatim

Berhadir bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala Ir. H. Zulkipli Yadi Noor serta Forkopimda Batola lainnya, Bupati berpesan kepada masyarakat untuk senantiasa mengedepankan dan menjunjung tinggi nilai serta norma keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. 

Bupati perempuan pertama di Kalimantan Selatan ini juga berharap Festival Muharram ini dapat kembali berlangsung di tahun yang akan datang. 

“Saya berharap dapat kembali dilangsungkan dengan catatan pandemi telah menurun, “ harap Bupati. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved