Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

Gigi Para Penghuni LPKA Kelas I Martapura Kalsel Diperiksa

Para penghui LPKA Kelas 1 Martapura di Kota Martapura Kalsel diperiksa giginya dan diberi penyuluhan oleh dosen dan mahasiswa Poltekkes Banjarmasin.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
POLTEKKES BANJARMASIN
Foto bersama setelah pelaksanaan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dosen dan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Banjarmasin di LPKA Kelas I Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (8/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Dosen dan mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Banjarmasin melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, Rabu (8/9/2021).

Lokasinya, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Martapura, Jalan Pintu Air Kelurahan Tanjung Rema Darat,  Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Penghuni LPKA merasa senang karena selain kesehatan giginya diperiksa, juga mendapatkan informasi dan edukasi cara menjaga kesehatan mulut dan gigi.

"Saya pernah sakit gigi. Harapannya, dengan pengetahuan tentang kesehatan mulut dan gigi, saya tidak lagi sakit gigi dan sehat," kata seorang penghuni LPKA Martapura yang mengaku berasal dari Kota Banjarmasin.

Penghuni LPKA  diberikan edukasi menjaga kesehatan mulut dan gigi oleh drg Metty Amperawati, MKes, secara detail melalui layar proyektor di Aula LPKA Kelas I Martapura.

Pengabdian masyarakat dari dosen dan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Banjarmasin di LPKA Kelas I Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (8/9/2021).
Pengabdian masyarakat dari dosen dan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Banjarmasin di LPKA Kelas I Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (8/9/2021). (POLTEKKES BANJARMASIN)

Sebelum menerapkan pengetahuan, puluhan penghuni LPKA Martapura diberikan pasta dan sikat gigi dan air kemasan gelas untuk praktik cara menggosok gigi dengan benar di lapangan olahraga.

Dua mahasiwa, Rahmayani Indah Prameswari dan Nur Rihlatasia, memandu para penghuni LPKA Martapura, bagaimana seharusnta cara menggosok gigi dengan benar.

Penghuni LPKA Martapura, terlihat semangat dan ceria saat melakukan praktik gosok gigi.

Kemudian, satu persatu diperiksa giginya oleh Metty Amperawati di Klinik Kesehatan LPKA Martapura.

Metty Amperawati mengaku kegiatan yang dilaksanakan di LPKA Martapura sebagai bentuk pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa dari Poltekkes Banjarmasin.

Dosen dan mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Banjarmasin melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Martapura, Jalan Pintu Air, Kelurahan Tanjung Rema Darat, Kecamatan Martapura, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (8/9/2021).
Dosen dan mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Banjarmasin melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Martapura, Jalan Pintu Air, Kelurahan Tanjung Rema Darat, Kecamatan Martapura, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (8/9/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/MUKHTAR WAHID)

Menurutnya anak yang berada di LPKA Martapura perlu mendapatkan perhatian khusus kesehatan mulut dan gigi.

Kepala Seksi Perawatan LPKA Martapura, Ahmad, berterima kasih dengan kegiatan yang dilaksanakan dosen dan mahasiswa dari Poltekkes Banjarmasin.  

"Semoga anak di LPKA Kelas I Martapura kesehatannya meningkat," harapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved