Breaking News:

Berita Banjarbaru

Pembangunan di Eks Pasar Bauntung di Kota Banjarbaru Masih Belum Ada Kejelasan

Rencana penataan di kawasan eks Pasar Bauntung sampai kini belum ada kejelasan dari Pemko Banjarbaru. Hanya ada rencana bangun gedung, hotel dan taman

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SITI BULKIS
Satu dari puluhan bangunan bekas terbakar di kawasan eks Pasar Bauntung, Jalan Lanan, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (8/9/2021). Rencana yang ada, bisa dibangun Gedung, hotel, taman atau RTH. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Bangunan eks Pasar Bauntung di Jalan Lanan, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), masih belum ada kepastian, Rabu (8/9/2021).

Pantauan di lokasi bekas kebakaran, bangunan bersejarah bagi para pedagang dan warga Kota Banjarbaru ini sejak tidak difungsikan lagi setelah terbakar saat Jumat (28/5/2021), masih sama kondisinya.

Pembatas dari seng, masih terpasang di sepanjang bekas pusat perekonomian tersebut.

Pasca kebakaran, Eks Pasar Bauntung Banjarbaru tersebut hingga saat ini masih menjadi teka-teki atau masih belum adanya kejelasan akan dijadikan apa.

Baca juga: Eks Pasar Bauntung Kota Banjarbaru Lebih Baik untuk Ruang Terbuka Hijau

Dikonfirmasi kepada Kepala Bappeda Banjarbaru, Kanafi, eks pasar rencananya digunakan untuk aktivitas perkotaan. 

"Kalau tidak Convention Center, Ruang Hijau Terbuka (RTH) atau apapun yang masih seputaran pusat bisnis," ujarnya.

Namun saat ini masih dalam tahap perencanaan. Kondisi pandemi Covid-19, tidak bisa segera dilaksanakan mengingat kondisi ekonomi tengah turun.

Masih menurut penjelasannya, bila tidak memiliki pendanaan, rencana lainnya adalah bekerja sama dengan pihak lain dari dunia usaha. 

Baca juga: Pasca Kebakaran, Eks Pasar Bauntung Banjarbaru Akan Dijadikan Gedung Pertemuan Besar

"Apabila memiliki uang, bisa juga bangun sendiri. Untuk saat ini, kami masih memiliki kewajiban pasar yang ada hingga 2022," imbuh dia.

Tetapi perencanaan, tegasnya, sudah dilakukan sampai tahap pengkajian. "Sementara begitu, mungkin nanti ada hal lain, masih belum ada arahan," imbuhnya. 

Disebutkannya pula, bila ada tempat pertemuan besar skala nasional, bisa juga dilakukan di kawasan tersebut  atau nantinya ditambah hotel. Kalaupun untuk taman, tentunya bisa digunakan masyarakat untuk beraktivitas.

Lapangan Murjani, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ), tempat warga berolahraga dan juga didatangi pengunjung, namun akan selalu dipantau petugas Satpol PP yang bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19, Rabu (5/8/2020).
Lapangan Murjani, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ), tempat warga beraktivitas. (BANJARMASINPOST.CO.ID/APRIANTO)

Harapannya, kawasan Eks Pasar Bauntung Banjarbaru itu dikelola, berdampak pada perekonomian masyarakat. Kuncinya di Kota Banjarbaru ini adalah perdagangan dan jasa.

Terpisah, Wakil Ketua III DPRD Kota Banjarbaru, Emi Lasari, berharap ada pengkajian terhadap Eks Pasar Bauntung Banjarbaru itu dan mendukung bila dijadikan taman.

"Kalau dilihat, Kota Banjarbaru ini masih kekurangan RTH atau fasilitas publik. Selama ini, fasilitas publik kita hanya Lapangan Murjani," tandasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved