Breaking News:

Berita Banjarmasin

Sebut Covid-19 Banjarmasin Melandai, Satgas Sebut Beberapa Faktor Penyebab

Meskipun masih berstatus PPKM Level 4, namun Satgas Covid-19 Banjarmasin mengklaim kasus Covid-19 di Banjarmasin menurun.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Penerapan PPKM Level 4, menurut juru bicara Satgas Covid-19 Banjarmasin Machli Riyadi, Senin (30/8/2021), tetap sampai 6 September 2021. Tapi kalau berdasarkan evaluasi kita per minggu, Banjarmasin sudah turun di Level 3. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Meskipun masih berstatus PPKM Level 4, namun Satgas Covid-19 Banjarmasin mengklaim kasus Covid-19 di Banjarmasin menurun.

Pasalnya berdasarkan data ada, angka kasus Covid-19 di Banjarmasin jauh mengalami penurunan yakni sebanyak 359 kasus aktif, dari semula yang sempat menembus 1300 kasus aktif.

Kemudian untuk angka kesembuhan sudah sangatlah tinggi yakni mencapai 94,34 persen. Sementara untuk untuk tingkat kematian menurun menjadi 3,3 persen.

"Intinya memang angka kasus Covid-19 di Banjarmasin sudah mulai terjadi pelandaian," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Banjarmasin, Machli Riyadi kepada banjarmasinpost.co.id.

Baca juga: PPKM Level 4 Berlanjut, Ketua DPRD Banjarbaru Minta Ada Keringanan Pajak Bagi Pelaku Usaha

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Capaian Target PAD 2021 Banjarmasin Terdampak

Baca juga: PHRI Teriak PPKM Level 4 Diperpanjang, Nasib 3.000 Karyawan Perhotelan di Kalsel Digantung

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin ini menambahkan ada beberapa faktor yang diperkirakan menjadi penyebab melandainya kasus Covid-19 di Banjarmasin ini.

Salah satunya adalah kesadaran masyarakat akan disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes), kemudian juga adanya perbaikan kualitas mutu layanan kesehatan.

"Dan mungkin juga ini dikarenakan sudah mulai terbentuknya herd immunity di Banjarmasin," jelasnya.

Baca juga: Pemko Banjarmasin Berharap Turun ke Level 3, Ternyata Malah Tetap PPKM Level 4

Meskipun sudah mulai terjadi penurunan kasus Covid-19 di Banjarmasin, namun Machli mengingatkan agar masyarakat pun tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Kita berharap kondisi sudah menurun ini, jangan sampai membuat kita lengah. Karena kalau lengah bisa terjadi lonjakan lagi, dan itu sifat suatu pandemi," pungkasnya.(banjarmasinpost.co.id/frans rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved