Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

VIDEO Bupati Banjar Saidi Mansyur Merasa Bersalah Mengenai Sampah di Sungai Martapura

Sampah di Sungai Martapura dari wilayah Kabupaten Banjar terbawa arus sampai ke Kota Banjarmasin, membuat Bupati Banjar Saidi Mansyur merasa bersalah

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -  Saat air sungai pasang, sampah di Sungai Martapura atau yang sering disebut pampangan dari wilayah Kabupaten Banjar hanyut terbawa arus hingga ke Kota Banjarmasin.

Sampah tersebut, tak dipungkiri Bupati Banjar H Saidi Mansyur, berasal dari wilayah di daerahnya yang merupakan bagian hulu dari Sungai Martapura.

Aktivitas masyarakat, perkebunan, sampah rumah tangga, hingga pertambangan, menurut Bupati, mengakibatkan terjadinya tumpukan sampah di Sungai Martapura.

Karenanya, dia merespons harapan Dinas LH Kalsel dan Pemko Banjarmasin terkait penanganan Sungai Martapura.

Baca juga: Dukung Program Sungai Martapura BUNGAS, Menteri Sandiaga Uno Janji Kedepankan Wisata Sungai

Pada anggaran di 2022, lanjut Bupati, pihaknya akan fokus pada peningkatan SDM. Selain itu juga, kegiatan di desa-desa.

"Masyarakat kami di desa-desa banyak yang tinggal di bantaran sungai. Mereka ingin ada kegiatan di kawasan pesisir sungai. Jadi, kami perlu kolaborasi dengan Dinas LH Kalsel untuk bentuk kegiatannya seperti apa, apa Satgas atau komunitas sungai," jelas Saidi.

Kemudian, penanganan banjir juga menjadi fokusnya di 2022 yang juga sudah didukung oleh pemerintah pusat.

Sementara itu, Kepala Dinas LH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, membenarkan tentang Bupati Banjar yang merasa tak enak hati mengenai sampah di Sungai Martapura yang bersumber dari hulu.

Baca juga: VIDEO Peringatan Hari Lingkungan Hidup, Sungai Martapura Dapat Perhatian Dinas LH Kalsel

"Karenanya, Dinas LH Kalsel hadir untuk kolaborasi percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan sub daerah aliran Sungai Martapura melalui Program Sungai Martapura Bersih, Unggul dan Asri atau BUNGAS yang menyinkronkan program pusat, provinsi dan kabupaten kota di Sungai Martapura ini," jelasnya

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved