Breaking News:

Berita Banjarbaru

Australia Kali Kedua Bantu Program Integrasi Sawit-Sapi di Kalsel

Areal sawit yang luas bisa dioptimalkan dengan pengembangan sapi. Untuk itu, itu program integrasi sawit ini begitu didorong pemerintah. Tujuannya per

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Edi Nugroho
Setdaprov Kalsel
Forum Discussion grup (FGD) yang digelar Disbunnak Kalsel di Gedung Idham Chalid, Setdaprov Kalsel Kamis (9/9/2021). 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU -Areal sawit yang luas bisa dioptimalkan dengan pengembangan sapi. Untuk itu, itu program integrasi sawit ini begitu didorong pemerintah. Tujuannya percepatan swasembada sapi potong di Kalsel.

Bahkan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan sudah ada dukungan dari Pemerintah Autralia. Dan ini kembali akan didukung oleh Australia dalam dukungan integrasi sawit sapi ini.

"Kalsel telah mendapatkan bantuan program dari Indonesia Australia Commercial Cattle Breeding Program (IACCB) di dua lokasi, yaitu di kelompok tani di Sungai Aris dan PT Buana Karya Bhakti. Program tersebut, cukup berhasil dilaksanakan di dua lokasi tersebut, terbukti dari sebelumnya hanya 300 ekor sapi yang dikembangkan, kini telah mencapai 1.500 ekor, " ujar Kadisbubak Kalsel.

Suparmi, dalam Forum Discussion grup (FGD) yang digelar Disbunnak Kalsel di Gedung Idham Chalid, Setdaprov Kalsel Kamis (9/9/2021).

Baca juga: Aneka Kuliner Buntut Sapi Rasa Khas Nusantara di Mercure Banjarmasin, Sop Buntut 76 Terfavorit

Baca juga: Potong Tiga Ekor Sapi Jenis Brahman, Arutmin Tambang Batulicin Bagikan Daging Hewan Kurban

Baca juga: Kemenag Balangan Potong Empat Ekor Sapi, Bagikan ke Fakir Miskin di Sekitar Kantor

Baca juga: HPN Kalsel dan Lembaga Perekonomian NU Banjarbaru Sembelih 35 Ekor Sapi

Keberhasilan perusahaan tersebut, sambung Suparmi, perlu direplikasi melalui program unggulan berbasis korporasi petani, dengan mengembangkan integrasi kelapa sawit-sapi yang melibatkan kelompok-kelompok tani ternak.

Nah, kali ini dukungan kedua dari Australia juga akan dilakukan dan Menurut Suparmi ini tentu sangat istimewa.

"Swasembada sapi potong kita dalam integrasi sawit sapi ini dapat dukungan dari pemerintah Australia melalui program Indonesia Australia Red Meat & Cattle Partnership, dan ini tentu sangat istimewa," ujar Suparmi.

Suparmi mengungkapkan, Kalsel menjadi salah satu provinsi yang mendapatkan perhatian khusus pelaksanaan program Indonesia Australia Redmeat & Cattle Partnership dalam upaya pengembangan sawit-sapi di beberapa daerah di Kalsel.

Lantas, Apa saja bentuk dukungan Asuralia soal hal ini? Dibeberkan Suparmi, antara lain, berupa pelatihan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) daerah, sehingga seluruh program bisa dilaksanakan dengan lebih baik.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved