Breaking News:

Dispersip Kalsel

Dispersip Batola Kunjungi Depot Arsip Kalsel Sekaligus Konsultasi

Rombongan Dispersip Batola melakukan kunjungan ke Depot Arsip Kalsel untuk konsultasi pengawasan kearsipan dan hal teknis lainnya.

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Eka Dinayanti
Nurliani untuk BPost
Dispersip Batola lakukan kunjungan ke Depot Arsip Kalsel sekaligus lakukan konsultasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Usai berkunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, Rombongan Kepala Dinas Perpustakaan (Dispersip) Batola Siti Aminah, S.AP kembali melakukan kunjungan ke Depot Arsip Kalsel.

Kedatangan Kadispersip Batola beserta Kepala Sub Bagian Keuangan dan Anggaran Rabiatul Rafiah, S.AP, Kepala Seksi Bina Pengelolaan dan Pelayanan Kearsipan Mariam, S.Sos dan Bendahara Rutin Dwi Maya Sinta dalam rangka konsultasi dan koordinasi terkait kegiatan pengawasan kearsipan dan hal teknis lainnya.

Menurut Kadispersip Kalsel, Dra Hj Nurliani Dardie, MAP, untuk mewujudkan budaya tertib arsip dan penyelenggaraan kearsipannya berjalan optimal diperlukan pengawasan untuk mengawal dan mengawasi penyelenggaraan kearsipan.

"Untuk itu perlu dilakukan konsultasi terkait hal tersebut, guna terjaganya arsip yang memiliki nilai sejarah penting suatu daerah," ujarnya, Kamis (9/9/2021).

Nurliani menyebut, indikator tata kelola pemerintahan salah satunya ditentukan dengan tata kelola kearsipan yang baik.

Untuk itu Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) bertanggung jawab akan hal tersebut.

Sementara Kadispersip Batola, Siti Aminah, S.AP mengaku terkesan dan senang dapat menambah pengetahuannya beserta rekan-rekannya yang lain dan terutama untuk Dispersip Batola.

"Mudah-mudahan kedepan bisa seperti Depot Arsip Kalsel," ucapnya.

Adapun dalam kunjungan ke Depot Arsip Kalsel ini, Rombongan Dispersip Batola diberikan materi teknis audit atau pengawasan kearsipan, pemenuhan temuan, prosedur penilaian dan pemusnahan arsip dan lainnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

Menurutnya langsung diberi arahan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pelayanan Kearsipan Dra Hj Chozanatun Nisa didampingi Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Dra Hj Sru Rahayu serta Arsiparis dan staff lainnya.

Dan terkait Pengelolaan Kearsioan diberi arahan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Statis Dra Hj Rosliati. didampingi Arsiparis dan staf.

"Dengan kunjungan sekaligus konsultasi ini diharapkan Lembaga Kearsipan Daerah di kabupaten Batola bisa meningkatkan kinerja untuk mewujudkan kearsipan yang baik di kemudian hari," tuturnya.

Kesempatan tersebut Rombongan Dispersip Batola menyempatkan berkeliling melihat secara langsung bagaimana sistem penataan arsip di Depot Arsip Kalsel, diantaranya Penyimpanan Arsip Inaktif, Kartografi, Kearsitekturan, Arsip Media Baru dan Arsip Statis. (aol)

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved