Breaking News:

Berita HSU

DPRD Kalsel Siapkan Anggarkan untuk Lanjutkan Pembangunan Jalan Bayur-Panangkalaan di HSU

Pembangunan Jalan Desa Bayur-Panangkalan di Kabupaten HSU akan dilanjutkan DPRD Kalsel pada tahun 2022 dengan anggaran sekitar Rp 15 miliar.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/RENI KURNIAWATI
Warga berdiri di tepi jalan jalur Desa Bayur menuju Desa Panangkalaan, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (9/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Pembangunan jalan Desa Bayur menuju Desa Panangkalaan, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, dilanjutkan 2022 dengan pengerasan. 

Sebelumnya, jalan ini merupakan jalan kabupaten. Namun kemudian dialihkan menjadi jalan provinsi.

jalan itu mulai dari simpang empat lampu merah Benua Lima menuju Pasar Sejumput, Kelurahan Sungai Malang, hingga menuju Bayur dan Panangkalaan.

Lebar Jalan sebenarnya juga sudah cukup memadai, namun selama ini masih banyak kegiatan masyarakat yang dilakukan menggunakan bahu jalan.

Baca juga: Baru Perkerasan, Jalan Desa Bayur-Panangkalan Kini Ramai Dibangun Permukiman

Baca juga: DPRD Kalsel Alokasikan Rp 6 Miliar untuk Perbaikan Jembatan di Banjang Kabupaten HSU

Misalnya di setiap hari Kamis dan Minggu terdapat pasar kendaraan sepeda motor di sekitar jalan utama wilayah Kelurahan Sungai Malang.

Ditambah dengan adanya Pasar Candi Agung yang juga menggunakan sebagian bahu jalan untuk para pedagang berjualan setiap hari, mulai pagi hingga siang.

Ketua Komisi III DPRD Kalsel, Sahrujani, mengatakan, pembangunan Jalan Desa Bayur-Panangkalan akan dilanjutkan pada tahun 2022 dengan anggaran sekitar Rp 15 miliar.

Jika jalan tersebut sudah digunakan secara optimal untuk lintas provinsi, maka pemkab hsu perlu melakukan penataan terhadap kegiatan masyarakat agar mengurangi adanya kemacetan.

Baca juga: PTM Terbatas di Kalsel, 63 Sekolah di Kabupaten HSU Dapat Rekomendasi dari Satgas Covid-19

Baca juga: Aparat Desa Telaga Silaba Usulkan Perbaikan Dermaga ke Pemkab HSU

Bupati HSU H Abdul Wahid HK beberapa waktu lalu, mengatakan, pihaknya akan mengatur pasar yang menggunakan bahu jalan, Jika jalan provinsi tersebut sudah mulai bisa dilalui secara optimal.

"Kami akan kelola bagaimana agar pasar yang ada, baik untuk pasar kendaraan maupun Pasar Candi Agung, masih bisa tetap ad, Mengingat, adanya perputaran ekonomi yang cukup besar bagi masyarakat setiap harinya di wilayah tersebut," ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved