Breaking News:

Berita Banjarmasin

Perpanjang Ops Aman Nusa II Intan, Polda Kalsel Kerahkan 685 Personel Tegakkan Prokes

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) kembali memperpanjang Operasi Aman Nusa II Intan Penanganan Covid-19 Tahun 2021 hingga Senin (13/9

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Edi Nugroho
Humas Polda Kalsel
Personel Polda Kalsel membagikan masker kepada masyarakat dalam Ops Aman Nusa II Intan Tahun 2021 Polda Kalsel. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) kembali memperpanjang Operasi Aman Nusa II Intan Penanganan Covid-19 Tahun 2021 hingga Senin (13/9/2021).

Sesuai namanya, operasi ini bertujuan untuk membantu pemerintah daerah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat di Kalsel.

Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Kalsel, Kombes Pol Nur Subchan mengatakan, total sebanyak 685 personel Polda Kalsel dan Polres Jajaran dikerahkan dalam operasi ini.

"Setiap Polres 45 personel, di Polda juga ada 100 personel yang terlibat turun langsung setiap hari ke masyarakat," kata Kombes Pol Nur Subchan dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Kamis (9/9/2021).

Baca juga: Petugas Polres dan Kodim 1008 Tabalong Sambangi Tiga Pasar Pantau Penerapan Prokes

Baca juga: Tinjau Prokes di PON XX, Menko Airlangga Minta Pemerintah Papua Percepat Realisasi Anggaran Covid-19

Baca juga: Gencarkan Edukasi Penerapan Prokes Cegah Covid-19, Polres Tabalong Sebar Pemasangan Spanduk

Baca juga: Gelar Serbuan Vaksinasi Tahap Satu, Danlanud Syamsudin Noor Ingatkan Tetap Patuhi Prokes

Secara teknis, petugas memberikan imbauan, mengingatkan dan mengedukasi masyarakat yang masih kurang disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Sasarannya yaitu lokasi dan tempat terjadinya kerumunan termasuk fasilitas umum, pasar, fasilitas olahraga hingga kafe-kafe.

Tak cuma siang hari, petugas dalam Operasi Aman Nusa II Intan Penanganan Covid-19 Tahun 2021 juga banyak bergerak di malam hari mengimbau masyarakat yang tidak memiliki urgensi berada di luar rumah untuk tidak bepergian ke luar rumah.

Apalagi, sejumlah daerah di Kalsel termasuk Ibu Kotanya yaitu Kota Banjarmasin masih dalam pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Dimana pada PPKM Level 4, ada batasan-batasan khususnya pada jam operasional kafe, restoran, fasilitas umum dan yang lainnya.

Tak hanya ratusan teguran yang sudah disampaikan kepada masyarakat yang kedapatan mengulangi kelalaian dalam menerapkan protokol kesehatan, petugas dalam operasi ini juga kata Karo Ops dilengkapi dengan alat rapid test antigen.

Sehingga bagi masyarakat yang menolak imbauan petugas bisa saja langsung diperiksa menggunakan rapid test antigen.

Perpanjangan Operasi Aman Nusa II Intan Penanganan Covid-19 Tahun 2021 dilakukan seiring perpanjangan PPKM di Kalsel.

"Secara umum memang sudah mulai ada penurunan kasus aktif, bed occupation rate (BOR) dan angka kematian. Tapi kita dorong terus sampai level PPKM nya turun. Termasuk di Banjarmasin diupayakan bisa segera didorong sampai bisa turun ke level 3," kata Karo Ops.

Selain melalui Operasi Aman Nusa II Intan Penanganan Covid-19 Tahun 2021, Polda Kalsel juga terus menggenjot vaksinasi Covid-19 di seluruh kabupaten/kota di Kalsel. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved