Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

Relawan Gabungan Kabupaten Banjar Galang Dana untuk Bantu Korban Banjir di Kalteng

Anggota dan pengurus EBR galang dana dari masyarakat di kawasan PPS, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, untuk membantu korban banjir di Kalteng.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUKHTAR WAHID
Relawan menggalang dana di kawasan Pusat Pertokoan Sekumpul, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (9/9/2021). Dana yang terhimpun untuk membantu warga terdampak banjir di Provinsi Kalimantan Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Para relawan di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan,  melakukan penggalangan dana dari masyarakat.

Aksi sosial itu berlangsung di persimpangan lampu pengatur lalu lintas di kawasan Pusat Pertokoan Sekumpul (PPS), Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Disampaikan Ari, relawan dari Emergency Banjar Response (EBR), aksi sosial ini dimaksudkan untuk membantu korban terdampak banjir di Provinsi Kalteng.

"Penggalangan dana ini tidak hanya dari relawan Emergency Banjar Respons, melainkan juga gabungan dari Karang Taruna, BPK dan PMK Kabupaten Banjar," ucapnya, Kamis (9/9/2021).

Baca juga: Kerukunan Barisan Pemadam Kabupaten HSS Galang Dana untuk Korban Banjir Kalteng

Baca juga: Aliansi Tabalong Peduli Ajak Warga Bantu Korban Banjir di Kalteng

Kegiatan tidak hanya semata-mata penggalangan dana, tetapi sekaligus juga menyosialisasikan protokol kesehatan dengan cara membagikan masker kepada pengendara yang tidak memakai.

"Target penggalangan dana ini, sebanyak-banyaknya. Untuk dana yang terkumpul dari aksi selama tiga hari ini, sekitar Rp 21 juta," katanya. 

Terkait penyaluran dana dari aksi itu, Ari mengaku, akan dibelikan barang yang sangat diperlukan para  korban banjir, bukan dalam bentuk uang. 

Hal itu berkaca dari pengalaman bencana banjir yang melanda Kabupaten Banjar pada Januari  2021.

Baca juga: Banjir di Kalteng, BPBD Banjarmasin Kirim Bala Bantuan ke Kabupaten Katingan

Baca juga: Bantu Korban Terdampak Banjir Kalteng, Pemprov Kalsel Kirim Relawan BPBD ke Katingan

Diutamakan akan membeli bahan sembako, obat-obatan dan alat penerangan. "Alhamdulilah, relawan masih semangat semuanya karena banyak sukanya," imbuh dia.

Tantangannya karena masih pandemi Covid-19, aksi kemanusian ini tidak bisa bebas. Relawan harus  mengutamakan protokol kesehatan. 

"Untuk menyalurkan bantuan, relawan tetap menjaga fisik, tetap sehat dan bugar," tutupnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved