Breaking News:

Masjid Agung Al Karomah

Wisata Kalsel: Mengunjungi Masjid Besar di Serambi Mekkah, Mencolok Bangunannya

Wisata Kalsel, jika Anda ke Martapura, ibukota Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, tak lengkap jika tak berkunjung ke Masjid Agung Al Karom

Penulis: Salmah | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Wisata Kalsel, Masjid Agung Al Karomah yang berlokasi di tepi Jl Ahmad Yani Km41, samping Pasar Batuah. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA- Wisata Kalsel, jika Anda ke Martapura, ibukota Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, tak lengkap jika tak berkunjung ke Masjid Agung Al Karomah yang berlokasi di tepi Jl Ahmad Yani Km41, samping Pasar Batuah.

Masjid ini sangat mencolok keberadaannya, bangunan besar berwarna kuning muda dengan kubah hijau kombinasi biru bermotif. Menaranya menjulang dengan halaman parkir luas.

Melangkahkan kaki ke masjid ini akan semakin memberikan nilia lebih traveling Anda karena pengalaman religi yang sangat berkesan. Apalagi masjid ini juga bernilai sejarah.

Memasuki halaman masjid, Anda disambut gapura atau gerbang berarsitektur khas Islam. Setelah memarkir kendaraan, Anda berjalan kali menuju teras masjid berlapis keramik.

Baca juga: Wisata Kalsel : Didominasi Bangunan Bambu, Wisata Racah Mampulang Sediakan Spot Foto Nuansa Alam

Baca juga: Wisata Kalsel : Sawah Nan Asri Bikin Cantik Pasar Budaya Racah Mampulang, Jerami Pun Jadi Daya Tarik

Baca juga: Wisata Kalsel : Punya Tampilan Baru, Pasar Budaya Racah Mampulang Balangan Dipromosikan

Jika bertepatan waktu shalat fardhu, jangan lewatkan kesempatan untuk shalat berjamaah. Ada ratusan jamaah setiap shalat fardhu. Jamaah pria shalat di ruang utama sedangkan jamaah wanita di ruangan belakang.

Bangunan masjid ini juga memiliki loteng di bagian dalam. Sehingga dengan dua lantai itu kapasitas masjid mampu menampung hingga 10 ribu jamaah.

Usai shalat Anda bisa mengamati keindahan masjid. Jangan lupa mengabadikan momen indah itu dengan kamera. Suasana yang tenang dengan hawa yang sejuk menjadikan acara traveling religi Anda kian berkesan.

Jika Anda traveling bersama rombongan, akan sangat menarik untuk membuat video kunjungan dan beribadah masjid yang menjadi kebanggan masyarakat Martapura ini.

Dipastikan Anda akan betah belama-lama di masjid yang dibangun sejak tahun 1315 Hijriyah atau 1857 Masehi yang sudah tiga kali direnovasi dari bangunan awal berupa konstruksi kayu ulin.

Adapun beberapa spot foto yang bisa Anda ambil di ruang utama adalah konstruksi bangunan awal masjid yang masih dilestarikan. Selain itu mimbar masjid yang berusia satu abad.
(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved