Breaking News:

Masjid Agung Al Karomah

Wisata Kalsel: Wisata Belanja dan Berlanjut Wisata Religi di Masjid Agung Al Karomah Martapura

Wisata Kalsel, Masjid Agung Al Karomah Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, memang lokasinya strategis. Berada di tepi Jl Ahmad

Penulis: Salmah | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Wisata Kalsel, Kawasan pasar Batuah, Pasar Martapura, Banjar. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA- Wisata Kalsel, Masjid Agung Al Karomah Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, memang lokasinya strategis. Berada di tepi Jl Ahmad Yani Km41 dan berdekatan dengan Pasar Batuah yang merupakan pasar utama di Martapura.

Pasar Batuah juga memang sejak dulu berdampingan dengan Masjid Al Karomah yang semula bernama Masjid Jami Martapura.

Di Pasar Batuah ini juga dulunya terdapat kawasan pedagang intan dan aneka batu perhiasan. Sekarang khusus pedagang tersebut ditempatkan di pertokoan Cahaya Bumi Selamat yang juga berdekatan dengan Pasar Batuah.

Pasar Batuah menjadi tempat belanja masyarakat karena menyediakan aneka kebutuhan sandang, pangan dan papan. Mulai sembako, kuliner, pakaian, perabotan, perangkat elektronik dan otomotif dijual di sana.

Baca juga: Wisata Kalsel: Menikmati Kesejukan Taman di Masjid Agung Karomah Martapura

Baca juga: Wisata Kalsel: Masjid Agung Al Karomah, Perjalanan Spiritual di Masjid Bersejarah

Baca juga: Wisata Kalsel: Mengunjungi Masjid Besar di Serambi Mekkah, Mencolok Bangunannya

Jika ingin menikmati kuliner khas Banjar, Anda juga bisa belanja kue-kue macam kelepon atau makanan ringan lainnya yang lapaknya di dekat CBS.

Setelah belanja, biasanya banyak masyarakat khususnya yang berasal dari luar Martapura menjadikan komplek Masjid Al Karomah sebagai tempat beristirahat dan beribadah.

Para pelancong juga demikian. Setelah berbelanja batu permata di CBS atau belanja produk khas Banjar di Pasar Batuah, menyempatkan waktu ke masjid besar tersebut.

Sambil duduk-duduk beristirahat di taman atau gazebo, biasanya beberapa pedagang penjaja bebatuan dan cincin menghampiri untuk menawarkan dagangan mereka.

Kadang barang dagangan mereka tak kalah dengan yang dijual di toko. Tinggal bagaimana kita memilih dan menawar agar tercapai kesepakatan. Pastinya harga bisa lebih murah dibanding di toko.

Jadi bagi Anda yang traveling ke Martapura selain bisa berwisata belanja ke pertokoan CBS dan Pasar Batuah juga bisa wisata religi ke Masjid Agung Al Karomah Martapura.
(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved